Tips Aman Belanja di Supermarket atau Pusat Perbelanjaan, Tak Perlu Mengajak Anak

Belakangan kasus Covid-19 melonjak di sejumlah negara, seperti India, Nepal dan juga negara tetangga Malaysia.

Editor: Geafry Necolsen
Tribun Kaltim/BUDI SUSILO
Ilustrasi. Masyarakat Kota Balikpapan mengenakan masker dan menerapkan jaga jarak saat berbelanja. 

Tips Aman Belanja di Supermarket atau Pusat Perbelanjaan, Tak Perlu Mengajak Anak

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Wabah virus corona yang tengah melanda Indonesia membuat banyak orang takut keluar rumah dan beraktivitas seperti semula.

Belakangan kasus Covid-19 melonjak di sejumlah negara, seperti India, Nepal dan juga negara tetangga Malaysia.

Meski harus berada di dalam rumah, bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari tentu harus tetap terpenuhi. 

Tetapi, bagaimana bila persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari di rumah sudah menipis? Amankah untuk pergi belanja di supermarket saat wabah virus corona? 

Baca juga: Pikir Dulu Sebelum Traveling, Sejumlah Negara Kekurangan Oksigen

Belanja di supermarket saat wabah virus corona boleh saja dilakukan

Idealnya, Anda memang tidak boleh bepergian ke luar rumah saat pandemi virus corona berlangsung. Namun kenyataannya, Anda tetap perlu bepergian ke luar rumah guna memenuhi persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Lantas, apakah aman untuk pergi belanja di supermarket di tengah wabah virus corona seperti saat ini? Nah, jawabannya adalah aman-aman saja selama Anda melakukannya dengan hati-hati. 

Baca juga: Covid-19 di Malaysia Juga Memburuk, Ratusan Pasien ICU Menumpuk

Ya, selama Anda dalam kondisi sedang sehat, bukan termasuk golongan orang lanjut usia atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, pergi belanja di supermarket untuk membeli bahan makanan masih dapat dilakukan dengan aman. 

Tips aman belanja di supermarket saat pandemi virus corona 

Bepergian ke luar rumah saat wabah virus corona mungkin saja diperbolehkan untuk hal-hal yang bersifat mendesak, seperti belanja persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Agar aman dan nyaman dilakukan, berikut tips belanja di supermarket di tengah pandemi virus corona: 

1. Buat catatan belanja di kertas
Sebelum pergi belanja di supermarket atau minimarket, pastikan Anda membuat catatan prioritas kebutuhan apa saja yang akan dibeli.

Salah satu tips aman belanja ini dapat membantu Anda menghemat waktu sehingga tidak perlu berlama-lama berada di area supermarket. 

Baca juga: Ratusan TKI Malaysia Pulang Secara Ilegal Melalui Nunukan, 5 Orang Positif Covid-19

Biasanya, banyak orang terlalu lama memilih kebutuhan apa yang harus dibeli, membandingkan mana produk yang lebih murah, atau mengingat kembali barang apa saja yang diperlukan.

Namun, dalam kondisi seperti saat ini, memiliki catatan belanja dapat membuat waktu Anda lebih efisien sehingga kemungkinan terpapar virus corona menjadi lebih rendah. 

Buatlah catatan belanja di kertas dan bukan melalui ponsel.

Dengan demikian, Anda dapat membuang catatan belanja jika sudah selesai menggunakannya, tanpa harus menyebarkan partikel-partikel virus ke ponsel atau barang pribadi lainnya yang Anda gunakan. 

Baca juga: Tip Memakai Masker Selama Berjam-jam dengan Nyaman

2. Hindari belanja di jam-jam yang sibuk
Tips aman belanja berikutnya adalah hindari belanja di supermarket di jam-jam yang sibuk. Sebisa mungkin, rencanakan waktu belanja di luar jam sibuk di mana kondisi lebih sepi sehingga meminimalisir kerumunan atau kontak dengan banyak orang. 

Para ahli berpendapat bahwa jam sibuk supermarket biasanya pada akhir pekan atau sekitar sore hari antara pukul 16.00-18.00 pada hari kerja. 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved