Cara Basmi Semut, Kecoak, Lalat, Nyamuk hingga Kutu dengan Bahan Alami

Penggunaan produk pembasmi serangga berbahan kimia bisa berbahaya bagi lingkungan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mencoba alternatif pembasmi sera

Editor: Geafry Necolsen
HelloSehat
Bekas gigitan nyamuk di tubuh bayi 

Cara Basmi Semut, Kecoak, Lalat, Nyamuk hingga Kutu dengan Bahan Alami

TRIBUNKALTIM.CO - Membasmi serangga di rumah adalah hal yang sulit dan bisa jadi tidak pernah ada habisnya. Kerap kali solusi yang digunakan adalah produk pembasmi serangga berbahan kimia.

Penggunaan produk pembasmi serangga berbahan kimia bisa berbahaya bagi lingkungan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mencoba alternatif pembasmi serangga yang lebih ramah lingkungan.

Lemon, herba, bawang putih, dan kantong teh adalah beberapa pilihan utama untuk solusi alami yang bisa Anda gunakan untuk membasmi serangga di rumah.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (23/5/2021), berikut adalah lima serangga yang umum berada di rumah dan ramuan mudah yang dapat Anda buat untuk membasminya.

1. Kecoak

Ada banyak cara alami membasmi kecoak di rumah. Salah satu pilihan umum adalah menyemprotnya dengan air sabun, namun pilihan teratas untuk pencegah alami adalah minyak oregano.

Minyak oregano memiliki tingkat keampuhan mendekati 100 persen dan efek sisa yang berlangsung hingga seminggu.

2. Lalat

Basmi lalat dengan mengisi sachet yang terbuat dari sapu tangan atau sobekan kain dengan daun salam, cengkeh, dan kayu putih, lalu gantung di dekat jendela dan pintu.

Anda juga bisa memercikkan beberapa tetes minyak kayu putih pada kain penyerap dan membiarkannya di area yang menjadi masalah lalat. Jika masalah Anda adalah lalat buah dan agas, coba gunakan cuka untuk membuat jebakan kecil.

3. Nyamuk

Rosemary segar atau sage di atas bara barbekyu akan menjauhkan nyamuk.

Pun Anda bisa menyemprot diri Anda dengan air bawang putih. Campurkan satu bagian jus bawang putih dengan lima bagian air dalam botol semprot dan semprotkan sedikit pada kulit yang terbuka.

Selain itu, celupkan potongan kapas ke dalam campuran dan gantung di area tersebut.

4. Kutu

Bunuh kutu pada anjing peliharaan dengan kulit lemon. Iris kulitnya, taruh dalam mangkuk dan tuangkan di atas secangkir air mendidih.

Biarkan semalaman untuk mengeluarkan minyak jeruk, lalu spons ke anjing Anda. Namun, jangan gunakan pada kucing.

5. Semut

Cegah semut dengan meninggalkan daun mint kering yang dihancurkan atau kantong teh mint di area aktifnya.

Atau, jika Anda menemukan titik masuk semut, letakkan sebaris cabai rawit, minyak jeruk (direndam menjadi seutas tali), jus lemon, kayu manis atau bubuk kopi. Semut tidak akan melewati batas.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved