Menata Isi Kulkas, Maksimalkan Ruang Penyimpanan dan Lebih Rapi

berikut ini tips menata isi kulkas ruang penyimpanan agar terlihat rapi dan menarik dilansir dari laman Elle Décor. 

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Berikut ini tips menata isi kulkas ruang penyimpanan agar terlihat rapi dan menarik dilansir dari laman Elle Décor.  

TRIBUNKALTIM.CO - Aktivitas menimbun atau menyetok aneka makanan dalam kulkas semakin sering dilakukan sejak pandemi virus corona merebak. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan waktu berbelanja.

Akibatnya, lemari es telah berubah menjadi ruang yang penuh sesak. Dengan keadaan kulkas yang demikian, dapat menyebabkan limbah makanan. Belum lagi, kondisi tersebut membuat kulkas menjadi tidak tertata alias berantakan. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Bunga Es di Kulkas, Ikuti 3 Langkah Ini

Clea Shearer dan Joanna Teplin, ahli penataan dari The Home Edit, membagikan tips dan trik membersihkan serta memaksimalkan ruang penyimpanan makanan di dalam kulkas.

Baca juga: Minuman & Bahan Cair yang Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas

Lantas, bagaimana cara menatanya? Nah, berikut ini tips menata isi kulkas ruang penyimpanan agar terlihat rapi dan menarik dilansir dari laman Elle Décor

Bersihkan Semua Makanan

Langkah awal menata ruang di kulkas agar tampak menarik adalah membersihkan atau mengeluarkan semua makanan dari dalam kulkas.

Baca juga: Hindari 6 Kebiasaan Ini, Bisa Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

“Semuanya dimulai dengan proses pengeditan. Bersihkan semuanya dari rak, periksa tanggal kedaluwarsa, dan buang sisa makanan itu," kata Shearer. 

Kelompokkan Berdasarkan Kategori

Teplin mengatakan bahwa sebagian besar lemari es memiliki kategori umum seperti daging-dagingan, sayuran, buah-buahan, susu, juga makanan ringan. Bila kamu ingin membuat kategori khusus, kata Teplin, boleh-boleh saja.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci 

“Ingat saja bahwa ‘umum' selalu yang terbaik, terutama jika banyak orang yang mengaksesnya.” 

Alokasi Ruang

Shearer menyarankan membagi lemari es menjadi beberapa zona agar sesuai dengan kategori yang dibuat. “Pastikan menyisakan tempat untuk minuman di rak paling atas serta bagian untuk sisa makanan.”

Baca juga: Tips Membersihkan Area Dapur dengan Maksimal

Kembalikan Makanan pada Tempatnya

Mengembalikan makanan kembali ke tempatnya setelah diambil akan membuat penataan ruang dalam kulkas tetap rapi dan teratur. 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved