6 Kesalahan Menggunakan AC, Jadi Tidak Dingin dan Tagihan Listrik Malah Naik

Ada beberapa kesalahan yang mungkin kamu lakukan dalam penggunaan AC rumah, dan mungkin mengurangi efisiensi, efektivitas, dan keamanannya.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Ada beberapa kesalahan yang mungkin kamu lakukan dalam penggunaan AC rumah, dan mungkin mengurangi efisiensi, efektivitas, dan keamanannya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pendingin ruangan atau AC (air conditioner) menjadi alat elektronik yang sangat membantu untuk memberikan saat cuaca sedang panas.

Namun, terkadang saat musim panas datang, tagihan listrik bisa melonjak karena satu dan lain hal.

Dilansir dari Time, ada kesalahan yang Anda lakukan dalam penggunaan AC rumah, dan mungkin mengurangi efisiensi, efektivitas, dan keamanannya.

“Jika Anda memiliki sistem yang tidak dirawat dengan baik, sistem tersebut dapat terkontaminasi oleh mikroorganisme yang mungkin berbahaya jika terhirup,” kata Mark Mendell, staf ilmuwan di Grup Lingkungan Dalam Ruangan Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley.

Baca juga: Tak Hanya untuk Lingkungan, Menanam Pohon di Rumah Juga Bisa Menghemat Listrik

Mendell menyebutkan masalah asma dan alergi sebagai beberapa kemungkinan bahaya. Berikut adalah kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat menggunakan AC di dalam rumah.

1. Tidak membersihkan filter AC

Minimal, Anda harus mengganti filter pada unit AC sentral setiap tiga bulan sekali dan sesering sebulan sekali jika AC Anda terus berjalan.

Jika tidak dibersihkan, filter kotor dapat menyebabkan aliran udara yang buruk atau pembekuan koil evaporator unit Anda.

Filter kotor dapat menambah 5 hingga 15 persen ke dalam tagihan listrik, dan dapat memperpendek umur keseluruhan AC.

Baca juga: 9 Penyebab AC di Rumah Jadi Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

2. Menyetel suhu terlalu rendah

Menyetel AC dengan suhu rendah dianggap akan mendinginkan ruangan dengan cepat, padahal anggapan itu salah, karena ketika suhu dinaikkan atau diturunkan, ruangan akan dingin dengan kecepatan yang sama.

Selain itu, ketika Anda menaikkan suhu AC, Anda akan memotong hingga 3 persen tagihan listrik.

Baca juga: Hentikan 5 Kebiasaan Ini, Bikin Tagihan Listrik di Rumah Membengkak

3. Tidak memanfaatkan kipas angin

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved