4 Cara Membuat Balkon Rumah Terlindungi dari Paparan Hujan

Jika tidak memiliki balkon tahan hujan, kamu mungkin menghabiskan waktu hujan dengan mencoba mencegah air masuk dan melindungi balkon

Editor: Geafry Necolsen
Unsplash
Jika tidak memiliki balkon tahan hujan, kamu mungkin menghabiskan waktu hujan dengan mencoba mencegah air masuk dan melindungi balkon 

TRIBUNKALTIM.CO - Salah satu pengalaman menyenangkan saat berada di rumah adalah bersantai di balkon dan menyaksikan hujan turun setelah musim panas yang panjang. Pemandangan dan suasana air hujan yang turun dapat menciptakan efek ketenangan sekaligus sangat menyejukkan, baik secara mental maupun fisik.

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman Membawa Anak Saat Berkendara

Baca juga: Jarang Digunakan, Ini 5 Cara Mudah Merawat Mobil Selama Ramadhan

Oleh karena itu, sebagian besar pemilik rumah atau apartemen menyediakan setidaknya satu balkon untuk tempat duduk atau bersantai sambil melihat hujan turun. Namun, ada kalanya kamu perlu membuat penahan cuaca atau air di balkon rumah, terutama saat hujan deras atau badai petir. 

Jika tidak memiliki balkon tahan hujan, kamu mungkin menghabiskan waktu hujan dengan mencoba mencegah air masuk dan melindungi balkon agar tidak kebasahan. Jadi, ikuti cara sederhana ini untuk membuat balkon di rumahmu bisa terlindungi dari hujan yang dilansir beberapa sumber, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Dampak Negatif Parkir Mobil di Bawah Terik Matahari

Baca juga: Jangan Langsung Nyalakan AC Setelah Mobil Parkir di Bawah Terik Matahari

1. Tambahkan Layar Kaca

Tampilan transparan dari layar kaca terlihat sangat modis sekaligus mampu mencegah hujan dan angin kencang. Jadi, kamu ingin menikmati pemandangan luar ruangan tanpa harus terkena basah, memasang layar kaca di balkon rumah adalah salah satu jawaban. 

Layar kaca juga akan menghadirkan cahaya alami dan balkon tidak akan terasa suram atau sempit. 

Baca juga: Cara Blokir Tag Porno di Facebook dari Orang Tak Dikenal

Baca juga: Memanfaatkan Bumbu Dapur untuk Membersihkan Karat pada Mobil

Awning atau kanopi kain adalah salah satu cara paling efektif melindungi balkon dari hujan dan memastikan air hujan tidak masuk ke balkon.

Awning muncul dalam berbagai desain, ukuran, serta bentuk yang disesuaikan dengan setiap jenis balkon dan mudah diperbaiki. 

3. Pasang Tirai Bambu

Tirai bambu menawarkan pilihan yang berkelanjutan untuk menjaga agar air hujan tidak masuk ke balkon. Pilihlah tirai bambu yang memiliki lapisan luar tahan cuaca sehingga tahan terhadap sinar matahari dan hujan.

Tirai bambu sangat cocok dengan dekorasi etnik. Saat ditarik ke bawah, sinar matahari yang menyaring melalui tirai terlihat sangat cantik. Karena tirai bambu memiliki celah di antara bilah, mereka kurang menawarkan perlindungan lengkap dari hujan. 

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Bekas Luka pada Kulit, Coba Cari di Dapur

2. Pasang Awning

Awning atau kanopi kain adalah salah satu cara paling efektif melindungi balkon dari hujan dan memastikan air hujan tidak masuk ke balkon.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved