4 Benda yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Pemutih

pemutih adalah pembersih kuat jika digunakan dengan benar, dapat menjadi pilihan yang aman dan efektif untuk membersihkan berbagai benda

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Pemutih adalah pembersih kuat jika digunakan dengan benar, dapat menjadi pilihan yang aman dan efektif untuk membersihkan berbagai benda 

4 Benda yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Pemutih

TRIBUNKALTIM.CO - Meskipun pemutih dianggap mampu membersihkan berbagai benda di dalam dapur, namun ada beberapa benda yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan pemutih ini.

Dilansir dari The Kitchn, pemutih adalah pembersih kuat jika digunakan dengan benar, dapat menjadi pilihan yang aman dan efektif untuk membersihkan berbagai benda dan permukaan di dapur Anda.

"Tapi ini bukan pembersih serbaguna,” kata Nancy Boc, wakil presiden senior pendidikan di American Cleaning Institute.

Baca juga: Sabun Cuci Piring, Serba Guna dan Ampuh untuk Membersihkan Berbagai Benda

Berikut beberapa benda yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan pemutih:

1. Permukaan kayu

Meskipun pemutih adalah pilihan yang baik di kamar mandi, Boc mengatakan pemutih tidak efektif menghilangkan dan membasmi jamur pada kayu atau bahan berbasis kayu seperti papan dinding, ubin langit-langit, kancing dinding, kain, dan produk kertas.

Baca juga: Waspada Jika Tembok Rumah Berjamur, Memicu Masalah Kesehatan Serius

Ini semua adalah bahan berpori yang pemutih tidak dapat masuk atau keluar secara efektif untuk membersihkan dengan aman. Hal yang sama berlaku untuk meja potong daging, meja kayu, dan talenan Anda.

2. Logam

“Karena pemutih mengandung bahan yang berfungsi sebagai oksidan selama proses pembersihan, bahan seperti baja tahan karat dapat teroksidasi dan terkorosi saat terkena pemutih,” kata Dr. Clint Stevenson, asisten profesor ilmu pangan di North Carolina State University.

Baca juga: 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara dalam Rumah

Kecuali jika Anda menemukan pembersih berbahan dasar pemutih yang secara khusus diindikasikan untuk logam (yang berarti pemutih telah dipasivasi), hindari menggunakannya pada permukaan logam seperti peralatan baja tahan karat, panci dan wajan, serta alat makan.

3. Meja granit

Batu granit adalah bahan berpori lain yang dapat rusak oleh pemutih, jadi hindari menggunakannya di sana untuk pembersihan sehari-hari.

Jika Anda memiliki noda yang melekat, seperti anggur merah, sebaiknya Anda mengatasinya dengan pemutih untuk melihat apakah Anda dapat mengangkatnya.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Mencuci Gorden yang Benar

4. Makanan

Meskipun pemutih digunakan dalam produksi makanan komersial untuk membersihkan makanan, ini tidak disarankan untuk membersihkan makanan karena terlalu rumit bagi orang awam untuk mendapatkan proporsi yang tepat dengan tepat.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci 

Pertahanan terbaik melawan kuman dalam makanan Anda adalah dengan memasak dan menyimpannya dengan benar atau, untuk produk segar, membilasnya dengan air dingin selama satu atau dua menit.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved