7 Peralatan Elektronik di Rumah yang Wajib Dibersihkan

Beragam peralatan elektronik digunakan secara rutin di rumah atau ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Sebut saja misalnya ponsel hingga lapto

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Beragam peralatan elektronik digunakan secara rutin di rumah atau ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Sebut saja misalnya ponsel hingga laptop. 

TRIBUNKALTIM.CO - Beragam peralatan elektronik digunakan secara rutin di rumah atau ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Sebut saja misalnya ponsel hingga laptop.

Namun, apakah Anda pernah membayangkan betapa kotornya peralatan elektronik tersebut? Jika ya, faktanya memang peralatan-peralatan elektronik itu menampung banyak debu, bakteri, dan kuman.

Baca juga: Cara Membersihkan AC, Agar Sirkulasi Udara Tetap Sehat dan Listrik Hemat

Penelitian terbaru dari perusahaan teknologi Kastus menemukan bahwa smartphone membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Namun, 65 persen dari mereka yang disurvei mengaku tidak pernah membersihkan ponselnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat dari Peralatan Masak Berbahan Logam

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Selasa (21/4/2021), berikut beberapa peralatan elektronik yang harus dibersihkan secara rutin karena intensitas pemakaiannya.

1. Smartphone dan tablet

Jangan gunakan cairan pembersih seperti semprotan pembersih, sebab ini dapat merusak lapisan oleophobic di layar yang membantu menghentikan sidik jari muncul!

Baca juga: Tips Membersihkan Area Dapur dengan Bahan Alami Buatan Sendiri

Sebagai gantinya, gunakan kain mikrofiber kering untuk menghilangkan dan menahan kotoran. Seka layar dengan gerakan melingkar agar tidak tergores.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan lensa kamera agar gambar tidak buram.

2. Headphone

Jika Anda memiliki headphone in-ear, Anda harus sering membersihkannya, terutama jika menggunakannya saat Anda sedang berlari atau di gym. Karena menempel di telinga, ada kemungkinan lebih besar minyak, kotoran, dan keringat dapat ditransfer ke perangkat headphone.

Jika headphone Anda memiliki bantalan telinga dan terbuat dari silikon, lepaskan secara perlahan dan gunakan air sabun hangat dan kain bersih atau cotton bud untuk membersihkannya. Kemudian biarkan hingga benar-benar kering sebelum memasangnya kembali.

Baca juga: 7 Perabotan Rumah Ini Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda

Jika earbud terbuat dari busa, cukup gunakan kain bersih dan lembab untuk menyekanya, lalu biarkan mengering dengan sendirinya. Namun, jangan gunakan air sabun.

Setelah Anda melepas bantalan telinga, periksa kisi-kisi logam pada earphone. Jika kotor, gunakan sikat gigi yang lembut dan kering untuk menghilangkan kotoran.

Selain itu, jika kabel headphone terlihat sedikit kotor, celupkan kain ke dalam air sabun hangat dan geser ke bawah kabel.

3. Laptop

Sama seperti smartphone Anda, gunakan kain mikrofiber pada tutup dan casingnya. Jika ada noda membandel, basahi sedikit kain, lalu sapukan ke permukaan laptop yang bernoda.

Selanjutnya, bersihkan keyboard dengan tisu basah khusus. Jika memungkinkan, periksa panduan pengguna terlebih dahulu karena beberapa produsen, seperti Apple, hanya menyarankan penggunaan kain mikrofiber kering pada produk mereka.

Baca juga: 15 Manfaat Garam yang Tidak Pernah Kamu Duga

4. Remote TV

Remote TV sering dilupakan dalam rutinitas pembersihan, padahal bisa sangat kotor. Semua orang di rumah menggunakannya sepanjang hari sehingga mengumpulkan banyak kuman, minyak, dan kotoran.

Bersihkan remote TV dengan menggunakan kain lembut untuk menghilangkan debu dan kemudian semprotkan sedikit kain mikrofiber dengan air untuk menghapus kotoran.

Baca juga: Gunakan Cuka untuk Membunuh Rumput Liar, Begini Caranya

Bersihkan remote menggunakan kain bersih yang disemprot larutan disinfektan. Jika ada kotoran membandel yang menempel di sela-sela tombol, gunakan cotton bud atau tusuk gigi untuk menghilangkannya.

5. Konsol game

Konsol game harus dibersihkan setiap dua minggu jika digunakan setiap hari, menurut pakar pembersih di MyJobQuote.co.uk.

Juga merupakan ide yang baik untuk mencuci tangan Anda sebelum menggunakannya karena itu akan membuatnya lebih bersih lebih lama juga.

Baca juga: Cara Menjaga Lantai Kamar Mandi Tetap Kesat

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved