Tips Membuat Perangkap Tikus Sendiri, Pakai Ember

Tikus dapat membawa penyakit, jadi pastikan untuk mengenakan pakaian pelindung yang memadai saat menangani dan membuang tikus.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Tikus dapat membawa penyakit, jadi pastikan untuk mengenakan pakaian pelindung yang memadai saat menangani dan membuang tikus. 

Tips Membuat Perangkap Tikus Sendiri, Pakai Ember

TRIBUNKALTIM.CO - Jika saat ini kamu sedang menghadapi serangan tikus setiap malam di sudut rumahmu, kamu mungkin mencari cara untuk membasminya tanpa menggunakan umpan dan racun.

Baca juga: Basmi Tikus di Pekarangan Rumah, Tanpa Racun dan Perangkap

Ketika jumlah tikus di rumahmu di luar kendali, perangkap tikus atau jebakan yang kamu beli mungkin hanya dapat menangkap satu sampai dua  tikus pada satu waktu, sehingga itu tidak akan menghabisinya.

Baca juga: Memasang Perangkap Tikus di Rumah, Pakai Umpan Apa?

Di situlah perangkap tikus buatan sendiri bisa berguna, karena ini bisa untuk membasmi tikus lebih banyak sekaligus.

Baca juga: 7 Penyebab Tikus Masuk ke Dalam Rumah

Tikus adalah spesies hama invasif yang dapat merusak segala macam hal, sehingga keberadaannya tidak pernah diharapkan di mana pun.

Meskipun tidak ada cara cepat untuk mengatasi serangan tikus, mengurangi jumlah tikus di dalam dan sekitar rumahmu dapat memberikan ketenangan pikiran.

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (20/4/2021), perangkap tikus buatan ini murah untuk dibuat dan dapat menangkap tikus dengan jumlah besar dalam satu waktu.

Tikus adalah salah satu hama yang keberadaannya mengganggu di rumah. Tidak hanya merusak berbagai benda, tikus juga bisa menyebarkan penyakit.
Tikus adalah salah satu hama yang keberadaannya mengganggu di rumah. Tidak hanya merusak berbagai benda, tikus juga bisa menyebarkan penyakit. (Istimewa)

Peralatan dan bahan yang perlu disiapkan

  • Bor
  • Ember ukuran 20 liter dengan pegangan
  • Kaleng minuman ringan kosong
  • Besi logam tipis sepanjang 50 cm
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Tisu dapur
  • Selai kacang
  • Papan kayu
  • Air 2-3 liter

Cara pembuatan

Langkah 1

Dengan menggunakan bor, buat lubang sekitar 3cm ke bawah dari bukaan ember. Ulangi di sisi yang berlawanan, sehingga kedua lubang menghadap sama rata.

Langkah 2

Bor lubang di bagian bawah kaleng minuman ringan dan masukkan besi panjang melalui kaleng. Masukkan setiap ujung besi melalui lubang di ember plastik dan kencangkan.

Kaleng minuman ringan harus digantung di atas ember di tengah besi. Sesuaikan sampai kaleng berputar bebas di besi.

Langkah 3

Dengan menggunakan handuk kertas, oleskan minyak sayur di sekitar bagian dalam ember. Ini akan membantu mencegah tikus keluar dari perangkap.

Tambahkan 2-3 liter air ke dalam ember.

Langkah 4

Lapisi kaleng minuman ringan dengan selai kacang yang banyak dan sandarkan papan kayu ke ember.

Papan kayu tersebut akan berfungsi sebagai landasan bagi tikus untuk mencapai selai kacang dan jatuh ke dalam perangkap.

Tips

Jika menggunakan jebakan ini di dalam ruangan, biarkan bekerja semalaman.

Jika menggunakannya di gudang atau area luar ruangan selama wabah tikus, kamu mungkin perlu memeriksa perangkap setiap beberapa jam, karena tidak butuh waktu lama untuk mulai bekerja.

Tikus dapat membawa penyakit, jadi pastikan untuk mengenakan pakaian pelindung yang memadai saat menangani dan membuang tikus.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved