Tips Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Membersihkan lantai kamar mandi memerlukan banyak waktu, namun ada cara agar lebih efisien

Shutterstock
Membersihkan lantai kamar mandi memerlukan banyak waktu, namun ada cara agar lebih efisien 

Tips Membersihkan Keramik Kamar Mandi

TRIBUNKALTIM.CO - Sebagai area paling lembab di dalam rumah, kamar mandi harus dibersihkan secara teratur agar tidak meningkatkan perkembangan kuman dan bakteri di dalamnya.

Meskipun terlihat masih bersih, namun Anda tidak boleh abai dalam membersihkan area ini sebab selain kelembapan, residu sabun yang menempel di lantai kamar mandi akan membuat kamar mandi lebih kotor, terlebih jika tidak dibersihkan dalam waktu lama.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (15/4/2021), meskipun membersihkan lantai kamar mandi memerlukan banyak waktu, namun ada cara agar kegiatan ini lebih efisien dan menghemat waktu.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Kecoak Bersarang di Kamar Mandi

Bagaiamana cara membersihkan keramik kamar mandi? Berikut langkahnya:

1. Bersihkan permukaan lantai

Membersihkan lantai kamar mandi dan nat adalah tugas yang sangat sulit kecuali Anda tahu cara melakukannya secara efisien.

Cara terbaik untuk membersihkan lantai kamar mandi adalah dengan memulai langkah-langkah pembersihan dasar dengan mulai menyapu bagian lantai kamar mandi.

Baca juga: Tips Menghemat Air, Mulai dari Dapur Sampai Kamar Mandi

Ini akan menghilangkan kotoran dan kotoran dari permukaan lantai sebelum Anda membersihkan nat keramik.

2. Bikin larutan pembersih

Kecuali Anda menggunakan pembersih nat komersial, Anda harus membuatnya sendiri. Untuk nat yang agak kotor, campurkan dua bagian soda kue dan satu bagian air. Tambahkan dengan cuka jika nat kamar mandi Anda ternoda atau berubah warna.

Baca juga: Saluran Air Kamar Mandi Tersumbat? Begini Cara Mengatasinya

Namun yang perlu diingat, cuka bisa merusak beberapa bahan lantai, jadi hindari jika Anda memiliki lantai marmer, batu tulis, granit, atau batu.

Gabungkan dua bagian soda kue dengan satu bagian hidrogen peroksida jika Anda membersihkan lantai yang kasar atau rapuh.

3. Gosok nat

Setelah Anda menyiapkan larutan pembersih lantai alami, saatnya membersihkan nat keramik. Gunakan sikat gigi cadangan untuk mengoleskan larutan pembersih pada nat.

Terapkan semuanya sekaligus untuk menghemat waktu. Jika Anda membuat larutan cuka, uji larutan pada area kecil sebelum Anda mulai membersihkan nat lantai kamar mandi untuk memastikan tidak menyebabkan perubahan warna.

Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok garis nat hingga bersih. Bilas dengan air dan gunakan penyegel nat setelah 24 jam.

Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved