Jangan Dibuang, Ada Banyak Manfaat Ampas Kopi

Anda penggemar kopi dan suka meracik kopi sendiri setiap pagi di rumah? Kalau begitu, jangan membuang ampas kopinya.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Anda penggemar kopi dan suka meracik kopi sendiri setiap pagi di rumah? Kalau begitu, jangan membuang ampas kopinya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Anda penggemar kopi dan suka meracik kopi sendiri setiap pagi di rumah? Kalau begitu, jangan membuang ampas kopinya.

Sebab, ada banyak cara untuk memanfaatkan kembali ampas kopi. Ya, ampas kopi bisa digunakan sebagai bahan pembersih, pupuk tanaman, hingga perawatan tubuh.

Dilansir dari Well and Good, Minggu (28/3/2021), berikut beragam manfaat ampas kopi yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Sayang Kalau Dibuang, Berikut 4 Manfaat Ampas Teh Celup 

1. Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan lemak atau minyak dari tangan

Tangan Anda berminyak atau seperti ada residu lemak setelah memasak? Bersihkan tangan Anda dengan bubuk kopi.

"Gunakan bubuk kopi dalam jumlah yang banyak dengan setetes deterjen," kata Asser Christensen, pakar kopi dan pendiri The Coffee Chronicler, situs web yang didedikasikan untuk kopi spesial.

"Enzim dalam kopi membantu memecah lemak, dan luas permukaan partikel kecil kopi memberi molekul sesuatu untuk melekat," imbuh Christensen.

2. Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau tak sedap

Bubuk kopi mengandung nitrogen, membuatnya sangat baik dalam menyerap bau. Itulah mengapa Allie Caran, direktur pendidikan kopi yang berbasis di Brooklyn Company Partners Coffee, merekomendasikan untuk meletakkan bubuk kopi dalam wadah terbuka di dalam freezer, lemari, atau di mana pun yang berbau tak sedap untuk membantu menetralkan bau.

“Saat nitrogen digabungkan dengan karbon, gas belerang yang berbau asam akan hilang dari udara,” kata Aimee Aristotelous, ahli gizi bersertifikat dan penulis Almost Keto.

"Jadi, bahkan jika Anda membuang pekarangan Anda alih-alih menggunakannya dengan cara lain, bau sampah Anda akan dinetralkan," sebut Aristotelous.

3. Gunakan ampas kopi jadi pupuk tanaman

Ampas kopi kaya akan mineral penting seperti kalsium, kalium, nitrogen, besi, magnesium, fosfor, dan kromium, yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved