7 Manfaat Cuka, Bisa untuk Mencuci Pakaian Hingga Membersihkan Mesin Cuci

Tahukah kamu? Mesin cuci juga harus dicuci, agar hasil cucian bersih maksimal. Untuk membersihkan mesin cuci, kamu bisa gunakan baking soda.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Tahukah kamu? Mesin cuci juga harus dicuci, agar hasil cucian bersih maksimal. Untuk membersihkan mesin cuci, kamu bisa gunakan baking soda. 

TRIBUNKALTIM.CO - Cuka dikenal sebagai bahan makanan, pembuat rasa asam pada berbagai hidangan, salah satunya acar. Meski aromanya menusuk, berbagai hidangan tak lengkap tanpa sentuhan cuka.

Namun demikian, cuka juga bermanfaat untuk membersihkan noda dan menghilangkan bau pada banyak benda di rumah. Manfaat cuka pun dirasakan saat mencuci pakaian dan membersihkan mesin cuci.

Dilansir dari Mind Body Green, Kamis (25/3/2021), berikut beberapa manfaat cuka untuk mencuci pakaian dan membersihkan mesin cuci.

Baca juga: 7 Perabotan Rumah Ini Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda

1. Gunakan sebagai deterjen

Menurut pakar toksin lingkungan Tonya Harris, untuk menyegarkan pakaian lama dan membuatnya wangi, tambahkan setengah cangkir cuka putih suling ke kompartemen deterjen mesin cuci, dan jalankan siklus pencucian seperti biasa.

Anda tidak perlu menambahkan detergen apa pun.

"Cukup mengherankan, aroma kuat cuka menetralkan bau, dan aroma cuka memudar dengan sangat cepat, tidak meninggalkan aroma," ujar Harris.

Baca juga: 15 Manfaat Garam, Bisa untuk Bersihkan Perabotan Rumah sampai Drainase Tersumbat

Jika mesin Anda tidak memiliki kompartemen deterjen, Anda dapat menuangkan setengah cangkir cuka ke dalam tabung mesin cuci setelah diencerkan dengan secangkir air.

Air sangat penting di sini. Karena cuka bersifat asam, jangan menuangkan cuka langsung ke pakaian Anda.

2. Perawatan awal pakaian saat mencuci dengan tangan

Tidak ada mesin cuci? Tidak masalah. Sebelum mencuci pakaian yang bau dengan tangan, rendam pakaian dalam cuka dan air selama beberapa jam atau semalaman, lalu cuci seperti biasa.

Harris mengatakan, pengenceran satu cangkir cuka dengan satu galon air hangat seharusnya berhasil untuk sebagian besar kain.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved