Sayang Kalau Dibuang, Berikut 4 Manfaat Ampas Teh Celup 

Teh tubruk atau teh celup menghasilkan daun bekas seduhan yang biasanya hanya berakhir di tempat sampah. Bekas seduhan teh ini memiliki banyak manfaat

Editor: Geafry Necolsen
zoom-inlihat foto Sayang Kalau Dibuang, Berikut 4 Manfaat Ampas Teh Celup 
Istimewa
Dengan kembali menggunakannya kamu tak hanya akan mendapatkan manfaat ampas teh, tapi juga mengurangi sampah rumah tangga.

Sayang Kalau Dibuang, Berikut 4 Manfaat Ampas Teh Celup 

TRIBUNKALTIM.CO — Teh tubruk atau teh celup menghasilkan daun bekas seduhan yang biasanya hanya berakhir di tempat sampah. Padahal, daun bekas seduhan teh ini memiliki banyak manfaat.

Dengan kembali menggunakannya kamu tak hanya akan mendapatkan manfaatnya, tapi juga sekaligus mengurangi sampah rumah tangga.

Berikut adalah beberapa manfaat daun teh bekas seduhan seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (27/3/2021).

1. Cat kayu

Kantong atau daun teh bekas bisa menjadi cat kayu yang bagus. Tanin yang ada dalam teh hitam menonjolkan kilau alami kayu.

Cukup gesek beberapa kantong teh bekas di kursi atau meja kayu lalu gosok dengan kain untuk mendapatkan kilau yang nyata. Kantong teh harus agak lembap tetapi tidak basah agar tidak merusak kayunya.

Kamu juga bisa membersihkan lantai atau parkit dari kayu milikmu. Caranya, masukkan daun teh atau kantong bekas ke dalam ember berisi air.

Biarkan terendam sebentar sebelum kamu mengepelnya. Tak hanya warna yang akan kembali cerah, goresan pada lantai kayu juga akan hilang.

2. Menghilangkan minyak dan noda

Tidak ada yang suka melihat minyak kotor menempel di wajan setelah memasak. Masukkan beberapa kantong teh atau daun bekas ke dalam wajan dan isi dengan air panas, lalu rendam semalaman.

Tanin dalam teh akan menghilangkan minyak dan kamu bisa menggosoknya dengan mudah keesokan harinya.

Kantong teh juga efektif membersihkan noda pada cermin, kaca jendela, dan bahkan kacamata. Gosok perlahan kantong teh basah pada permukaan kaca dan bersihkan dengan tisu untuk melihat perbedaannya.

3. Menghilangkan bau tak sedap dari sepatu

Sepatu bau? Ini adalah masalah umum yang terjadi, terutama selama musim hujan. Sepatu menyerap kelembapan dan mulai berbau tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau tak sedap itu, ambil dua kantong teh segar dan masukkan ke dalam sepatu yang berbau tidak sedap. Dan secara ajaib, bau di dalam sepatu akan hilang.

4. Pupuk untuk tanaman

Tanaman tumbuh dengan baik jika kamu menambahkan sedikit air teh ke tanah beberapa hari sekali. Kamu juga bisa menggunakan daun teh sebagai pupuk untuk meningkatkan kadar nitrogen di dalam tanah.

Jadi sekarang, sesudah menyeduh teh dan menikmatinya, jangan buru-buru membuangnya, ya!

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved