Tahukah Kamu? Tata Letak Kamar Ternyata Juga Memengaruhi Kualitas Tidur

Ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, seperti kafein, stres, kebisingan, cahaya, suhu, hingga pengaturan tempat tidur.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, seperti kafein, stres, kebisingan, cahaya, suhu, hingga pengaturan tempat tidur. 

Tahukah Kamu? Tata Letak Kamar Ternyata Juga Memengaruhi Kualitas Tidur

TRIBUNKALTIM.CO - Ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, seperti kafein, stres, kebisingan, cahaya, suhu, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ada satu faktor lagi yang dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang, yakni pengaturan tempat tidur.

Dilansir dari Better Homes & Garden, Senin (22/3/2021), desain kamar tidur juga berperan dalam kepuasan tidur seseorang, tetapi ini tidak berbicara tentang pemilihan seprai yang nyaman atau tirai di dalam kamar.

Menurut sebuah survei terhadap lebih dari 1.000 orang yang dilakukan oleh Sleep Junkie , penataan furnitur tertentu sebenarnya dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Baca juga: 8 Warna Cat Ini Tidak Sesuai untuk Dinding Kamar Tidur, Ini Alasannya

Baca juga: Saluran Kamar Mandi Tersumbat? Ini Cara Mengatasinya

Tata letak memengaruhi

Studi tersebut menanyakan peserta tentang tata letak kamar tidur mereka dalam kaitannya dengan ketenangan tidur mereka.

Mereka disajikan dengan berbagai penataan furnitur dan diminta untuk memilih mana yang paling mewakili desain kamar mereka sendiri.

Penataan yang sering digunakan dengan 75 persen responden melaporkan bahwa mereka dapat tidur nyenyak dengan menempatkan tempat tidur yang berpusat di dinding interior, pintu di dinding yang berdekatan, TV di seberang tempat tidur, dan jendela ke samping.

Yang kedua adalah tata letak yang hampir identik tetapi dengan tempat tidur didorong ke sudut alih-alih dipusatkan di ruangan.

Kelebihan dari pengaturan ini masuk akal jika Anda berpikir dari segi pencahayaan. Menempatkan tempat tidur Anda di dinding interior, menghadap jauh dari jendela dan pintu akan membatasi gangguan cahaya dari luar atau lorong.

Namun, sedikit kecerahan alami dapat menjadi alarm bangun yang efektif, jadi memiliki jendela di samping tempat tidur dapat membantu mengingatkan otak Anda saat waktunya untuk memulai hari.

Dan saat Anda menata ulang furnitur kamar tidur Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk merapikannya juga. Survei menemukan bahwa 73 persen responden dengan kamar tidur bersih melaporkan tidur nyenyak, dibandingkan dengan hanya 53 persen responden dengan kamar berantakan.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved