Selain Mempercantik Dapur, 7 Tanaman Ini Juga Ampuh Mengusir Semut

Dibandingkan menggunakan semprotan serangga yang beracun, salah satu cara teraman untuk mengendalikan hama ini adalah dengan tanaman pengusir semut.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Dibandingkan menggunakan semprotan serangga yang beracun, salah satu cara teraman untuk mengendalikan hama ini adalah dengan tanaman pengusir semut. 

TRIBUNKALTIM.CO - Mengingat ada lebih dari 12.000 spesies semut di seluruh dunia, tidak heran jika semut dapat menjadi masalah bagi para pekebun dan pemilik rumah.

Semut dapat merusak tanaman dalam waktu singkat, sehingga kehadirannya akan sangat berisiko dan juga bisa merusak segala hal lainnya.

Dibandingkan menggunakan semprotan serangga yang beracun, salah satu cara teraman untuk mengendalikan hama ini adalah dengan menanam tanaman pengusir semut di sekitar bagian luar rumah dan di kebunmu.

Termasuk semut yang berada di dalam rumah, seringkali makanan kita temukan sudah penuh dengan semut sehingga tidak layak lagi untuk dimakan.

Ada banyak tanaman yang tidak disukai oleh semut dan akan mereka coba hindari. Kebanyakan tanaman tersebut berasal dari keluarga herbal.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (22/3/2021), berikut ini tanaman luar ruangan yang bisa kamu tanam untuk mengusir semut.

1. Rosemary

Baik tukang kebun maupun ibu rumah tangga memahami kalau rosemary tidak hanya untuk membumbui masakan mereka, tetapi juga untuk mengusir semut.

Yang diperlukan hanyalah membeli pot tanaman, menanam rosemary, dan menempatkan pot berisi rosemary di sekitar teras atau beranda rumahmu.

2. Daun mint

Tidak sedikit orang menikmati secangkir teh mint yang menyegarkan dari waktu ke waktu tanpa mengetahui bahwa tanaman yang menyegarkan itu juga dapat berfungsi sebagai pencegah semut.

Daun mint mulai tumbuh perlahan saat ditanam, tetapi tumbuh cukup agresif setelah tahun pertama.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved