7 Perabotan Rumah Ini Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda

Baking soda bukan hanya sekadar bahan makanan. Tapi  juga ampuh untuk membersihkan berbagai macam perabotan.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Baking soda bukan hanya sekadar bahan makanan. Tapi  juga ampuh untuk membersihkan berbagai macam perabotan. 

7 Perabotan Rumah Ini Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda

TRIBUNKALTIM.CO - Baking soda bukan cuma bermanfaat sebagai bahan makanan. Namun, baking soda juga merupakan bahan pembersih yang ampuh untuk membersihkan berbagai macam benda dan permukaan.

Ada banyak benda di rumah yang dapat dibersihkan dengan baking soda. Selain itu, membersihkan dengan baking soda juga akan menghilangkan bau tidak sedap yang menyebabkan ketidaknyamanan di rumah.

Dikutip dari The Spruce, Senin (22/3/2021), berikut benda-benda di rumah yang bisa dibersihkan dengan baking soda.

Baca juga: Gunakan Cuka untuk Membersihkan Peralatan Rumah Tangga, Dijamin Ampuh

Baca juga: Dengan Garam, Bisa untuk Bersihkan Berbagai Jenis Perabotan Rumah

1. Saluran air wastafel dapur

Baking soda dapat membuat perbedaan besar dalam bau dan efisiensi saluran pembuangan wastafel dapur. Coba tambahkan baking soda di bawah air panas yang mengalir untuk menyegarkan saluran pembuangan.

Baking soda juga dapat digunakan bersama air panas untuk membuka saluran pembuangan.

2. Pakaian dan mesin cuci

Menambahkan baking soda ke dalam cucian dapat membantu menyegarkan dan mencerahkan pakaian dan sepatu. Namun, baking soda juga bisa menjadi pelembut kain yang bagus jika ditambahkan ke dalam cucian.

Atau coba gunakan baking soda untuk menetralkan tumpahan yang tidak sedap. Baking soda juga merupakan bahan yang bagus untuk membersihkan mesin cuci.

Baca juga: 5 Kebiasaan di Rumah yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Baca juga: 6 Benda di Rumah yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Tisu

3. Kulkas

Coba taburkan soda kue di bagian bawah laci penyimpanan di kulkas Anda. Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda di kulkas.

Ini sangat berguna ketika seseorang menumpahkan jus atau saus ke permukaan kulkas.

4. Panci dan wajan

Coba gunakan baking soda untuk membersihkan panci dan wajan berbahan enamel maupun tembaga. Selain itu, jika Anda memiliki wajan bernoda, baking soda sangat efektif dalam menghilangkan atau setidaknya mengurangi visibilitas noda.

Wajan antilengket yang cenderung menyerap bau makanan yang dimasak juga bisa mendapatkan manfaat dari rendaman baking soda. 

5. Microwave oven

Baking soda adalah produk yang bagus untuk digunakan saat membersihkan microwave karena dapat mengatasi minyak, bau, dan menempel pada partikel makanan. Selain itu baking soda bisa menghilangkan noda berminyak dan berbahan dasar tomat.

Baking soda memberikan keajaiban di bagian dalam microwave dan Anda tidak perlu khawatir tentang residu kimiawi yang tertinggal.

Baca juga: Memanasi Makanan dalam Wadah Plastik di Microwave, Aman atau Tidak?

Baca juga: 12 Cara Mudah Menghemat Gas Elpiji Saat Memasak

6. Oven

Baking soda adalah pembersih oven paling sederhana namun ampuh. Baking soda dapat mengatasi noda membandel di oven Anda serta minyak dan sisa bau yang menempel.

Pastikan oven Anda benar-benar dingin sebelum menyebarkan lapisan baking soda di bawahnya. Anda bisa menggunakan botol air untuk menyemprot soda kue sampai lembab tapi tidak jenuh.

Ulangi setiap beberapa jam dan perhatikan partikel makanan di oven Anda mulai larut.

7. Tempat sampah

Baking sodadapat membantu mencegah bau sampah menyengat rumah Anda. Ini bisa sesederhana menaburkan baking soda di dasar tempat sampah, atau langsung ke kantong sampah.

Baking soda juga bisa menjadi pembersih yang sempurna untuk menggosok tempat sampah, membantu menghilangkan bau, menyegarkan, dan membersihkan.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved