12 Tips Menghemat Gas LPG Saat Memasak

Menggunakan terlalu banyak air atau terlalu sedikit bahan saat memasak, hanyalah salah satu dari sekian banyak alasan, mengapa gas elpiji cepat habis

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Menggunakan terlalu banyak air atau terlalu sedikit bahan saat memasak, hanyalah salah satu dari sekian banyak alasan, mengapa gas elpiji cepat habis 

TRIBUNKALTIM.CO - Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) atau elpiji merupakan sumber bahan bakar untuk bisa menyalakan api pada sebuah kompor gas.

Namun, harga sebuah gas elpiji lama-kelamaan terus merangkak secara perlahan, sehingga membuatnya bukan lagi sebuah sumber daya yang murah untuk dibeli.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh membuang percuma gas elpiji yang sudah kamu beli dalam kegiatan memasak di kompor gas, karena itu sama saja kamu juga membuang-buang uang.

Solusi jitu untuk mencegah gas dari tabung elpiji terbuang percuma adalah mempelajari beberapa tips tentang cara menghemat gas untuk memasak di dapurmu.

Dilansir beberapa sumber, Selasa (23/3/2021), berikut ini tips terbaik untuk menghemat gas elpiji yang terpasang di kompor gas milikmu.

Baca juga: Bahaya Bungkus Makanan Panas Pakai Kantong Plastik

Baca juga: 5 Bahaya Tersembunyi yang Mungkin Ada di Rumah Anda

1. Periksa kebocoran

Periksa pipa, burner LPG, dan regulator apakah ada kebocoran. Kebocoran kecil sering kali luput dari perhatian dan kemudian menambah pengeluaran keuanganmu.

Pastikan tidak ada kebocoran gas yang terbuang sia-sia dari segala macam sambungan dari tabung gas ke kompor gas. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat gas elpiji di rumah.

2. Jangan memasak terlalu matang

Masakan yang terlalu matang adalah salah satu alasan terbesar mengapa gas elpiji jadi terbuang percuma di setiap rumah tangga.

Lain kali, saat kamu memasak, perhatikan waktu memasak dan periksa apakah semua bahan perlu dimasak. Gunakan microwave untuk memanaskan, jika perlu, sebagai pengganti gas di tabung elpijimu.

Tambahkan salad dan buah-buahan ke dalam makananmu karena ini tidak perlu dimasak. Nilai plusnya, kamu akan makan jauh lebih sehat dengan cara itu.

Baca juga: Jangan Tidur di Mobil dengan AC & Mesin Menyala, Ini Bahayanya

Baca juga: Minum Pakai Gelas Kertas, Ini Bahaya yang Mengintaimu

3. Gunakan tutup panci

Kamu dapat memasak hidanganmu lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit gas pada saat yang sama dengan menutup panci dengan penutup.

Menutupi wadah tempat memasak dengan penutup akan memastikan api mencapai sisi-sisinya, sehingga memasak lebih efisien. Selain itu, ia memerangkap uap dan mempercepat proses memasak.

4. Gunakan termos air

Jika sebagian besar hidanganmu membutuhkan air untuk direbus sebelum dimasak, pertimbangkan untuk menggunakan termos air.

Rebus air sekali dan simpan di termos air, sehingga kamu tidak perlu memasak air berulang yang berakibat lebih boros gas.

5. Gunakan api kecil saat memasak

Memasak dengan api besar diketahui dapat membunuh enzim, nutrisi, dan vitamin yang bermanfaat dalam makananmu.

Masak dengan api kecil lain kali dan biarkan wajanmu mendidih setelah panas. Cobalah mengukus sayuranmu dan tidak merebusnya jika kamu serius ingin mendapatkan nutrisi maksimal dari makananmu.

6. Ukur apa yang kamu masak

Banyak orang tidak repot-repot mengukur bahan masakannya sebelum memasak. Mereka akhirnya menggunakan terlalu banyak air atau terlalu sedikit bahan yang membuat mereka membuang gas.

Jangan menjadi salah satu dari mereka dan ukur dengan cermat proporsinya berdasarkan resep sebelum kamu mulai memasak.

7. Gunakan panci presto

Uap bertekanan akhirnya memasak makanan lebih cepat dan dalam waktu yang lebih singkat. Alih-alih memasak secara terbuka, gunakan panci presto untuk mempercepat proses memasak.

Saat kamu selesai memasak, simpan sisa makanan dalam wadah terisolasi agar tetap segar lebih lama dan untuk mencegah pemanasan berulang lebih sering.

8. Bersihkan tungku kompor gas

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved