Membuat Kompos dari Sampah Dapur, untuk Menyuburkan Tanaman di Rumah

Membuat kompos dari sampah dapur bisa sesederhana mengubur sisa makanan di tanah atau menggunakan tempat sampah

Istimewa
Membuat kompos dari sampah dapur bisa sesederhana mengubur sisa makanan di tanah atau menggunakan tempat sampah 

TRIBUNKALTIM.CO - Pembuatan kompos sendiri di rumah saat ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Adapun pengomposan sendiri manfaatnya bukan cuma untuk mengurangi limbah dari rumah tangga.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (22/3/2021), kompos meningkatkan retensi air dan drainase tanah. Ini membantu mengurangi gulma dan menambah nutrisi ke kebun.

Jika Anda baru mengenal pengomposan, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat kompos dari sampah makanan di rumah.

Ada banyak cara untuk memulai pengomposan sampah dapur.

Membuat kompos dari sampah dapur bisa sesederhana mengubur sisa makanan di tanah atau menggunakan tempat sampah atau gelas pengomposan tiga tahap.

Hasil akhirnya adalah bahan tambahan tanah yang kaya nutrisi yang meningkatkan porositas dan membantu menahan kelembapan penting di dalam tanah.

Bahan yang paling cepat terurai dalam pengomposan dapur adalah sayuran hijau. Ini membantu untuk mengurangi ukuran barang untuk kompos menjadi tidak lebih dari satu inci kubik.

Potongan yang lebih kecil menjadi kompos tercepat. Adapun bahan yang lebih lambat terurai adalah daging dan produk susu, meskipun sebagian besar sumber tidak merekomendasikan daging untuk pengomposan.

Tumpukan kompos harus memiliki suhu dan keseimbangan kelembaban yang tepat untuk memastikan kerusakan. Anda juga perlu menutupi sisa-sisa dapur pengomposan sehingga hewan tidak dapat menggalinya.

Cara membuat kompos dari sampah dapur

Sebetulnya, bahan-bahan yang Anda butuhkan hanyalah sekop dan sepetak tanah untuk pengomposan limbah dapur.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved