Cara Menghilangkan Bau Apek dari Pakaian

Pakaian yang bau apek bisa terjadi karena terlalu lama dibiarkan basah di mesin cuci, atau didiamkan di ruangan yang lembap dalam waktu yang terlalu l

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Pakaian yang bau apek bisa terjadi karena terlalu lama dibiarkan basah di mesin cuci, atau didiamkan di ruangan yang lembap dalam waktu yang terlalu lama. 

TRIBUNKALTIM.CO - Ketika tak sadar menggunakan pakaian yang bau apek, mungkin kamu akan merasa tak nyaman dan risih, sekaligus tak percaya diri.

Mungkin kamu takut bau apek pada pakaianmu akan tercium oleh orang lain, sehingga orang-orang jadi memandangmu negatif.

Pakaian yang bau apek bisa terjadi karena terlalu lama dibiarkan basah di mesin cuci, atau didiamkan di ruangan yang lembap dalam waktu yang terlalu lama.

Selain itu, pakaian yang disimpan di lemari yang tertutup rapat dan lembab berkontribusi pada pembentukan jamur, sehingga bau apek.

Untuk menghindari pakaian berbau apek atau menghilangkan bau apek pada pakaian, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti yang dilansir dari beberapa sumber, Selasa (23/3/2021).

Keringkan dan setrika pakaian

Bau samar kelembaban dapat dihilangkan dari pakaian dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet menghancurkan spora jamur yang ada di kain, dan angin menghilangkan kelembaban.

Jika kamu tidak bisa mengeringkan pakaian seperti itu, cucilah, dan tambahkan cuka ke air bilasan. Kain halus harus dicuci dengan mode manual tanpa menggunakan bahan agresif.

Kamu bisa menambahkan sedikit air beraroma ke setrika untuk menghilangkan bau lembap. Kamu dapat membeli air seperti itu di tempat kamu membeli bahan kimia rumah tangga.

Tuang ke setrika atau streamer, dan rawat pakaiannya. Agar tidak merusak kain yang sangat tipis dan tidak meninggalkan bintik-bintik berkilau pada wol, setrika pakaianmu dengan kain kasa.

Kain katun dan linen dapat disetrika pada suhu maksimum. Ini akan membantu menyegarkan kain, dan menyingkirkan bakteri dan mikroorganisme.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved