Alasan Mengapa AC di Rumah Jadi Tidak Dingin, Perhatikan 9 Hal Ini

Kondisi pendingin udara alias AC yang menyala tetapi tidak memberikan efek sejuk pada sebuah ruangan biasanya akan membuat seseorang merasa kesal.

Istimewa
Ada beberapa penyebab AC tidak dingin, beberapa di antaranya terjadi karena kesalahan teknis dan non-teknis.  

TRIBUNKALTIM.CO - Kondisi pendingin udara alias AC yang menyala tetapi tidak memberikan efek sejuk pada sebuah ruangan biasanya akan membuat seseorang merasa kesal, terlebih jika dalam kondisi udara pamas.

Ada beberapa penyebab AC tidak dingin, beberapa di antaranya terjadi karena kesalahan teknis dan non-teknis. 

Dilansir dari Hometips, Rabu (4/11/2020), ada beberapa alasan paling umum di balik AC yang tidak dingin.

1. Filter udara tersumbat

Jika AC tidak dingin, bisa saja dipengaruhi oleh filter udara yang tersumbat. Dalam kasus seperti ini, udara tidak dapat mengalir dengan baik, sehingga mengurangi kapasitas pendinginan AC.

Bersihkan filter udara atau ganti sesuai kebutuhan.

2. Gulungan kondensor kotor

Jika AC tidak cukup dingin, gulungan kondensor mungkin kotor dan penuh dengan kotoran. Saat gulungan kondensor kotor, AC menjadi kurang efisien, sehingga membuatnya bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Jika gulungan kondensor semakin kotor, unit AC tidak akan pernah cukup dingin dan tidak akan dapat mendinginkan ruangan.

3. Freon habis

Freon merupakan senyawa yang bersirkulasi melalui kumparan evaporator dan mendinginkan udara yang mengalir di atasnya, sehingga hal itu dapat mengirimkan udara dingin ke dalam ruangan.

Jadi ketika freon ini tidak mencukupi atau habis, AC gagal mendinginkan ruangan. Pada tahap ini kamu perlu memanggil teknisi AC untuk pengisian dan isi ulang freon.

4. Kompresor rusak

Kompresor adalah jantung dari unit AC yang bertanggung jawab untuk mendinginkan ruangan. Jika AC tidak dingin, kemungkinan kompresor rusak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved