5 Cara Mudah Menghemat Daya Listrik AC

Banyak variasi AC yang ditawarkan oleh produsen alat eketronik ini. Mulai dari besaran tenaga yang dibutuhkan (PK), hingga berbagai daya listriknya.

Editor: Geafry Necolsen
Grid
Banyak variasi AC yang ditawarkan oleh produsen alat eketronik ini. Mulai dari besaran tenaga yang dibutuhkan (PK), hingga berbagai daya listriknya. 

5 Cara Mudah Menghemat Daya Listrik AC

TRIBUNKALTIM.CO - Pendingin udara atau air conditioner (AC) kini menjadi alat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Untuk itu, banyak variasi AC yang ditawarkan oleh produsen alat eketronik ini. Mulai dari besaran tenaga yang dibutuhkan (PK), hingga berbagai daya listriknya.

Namun, bagaimana cara menghemat penggunaan AC dalam kegiatan sehari-hari?

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (11/11/2020), ada beberapa cara untuk menghemat pengeluaran untuk AC ini.

Menutup Pintu dan Jendela

Hal yang perlu diingat saat menghidupkan AC adalah menutup pintu dan jendela sehingga udara dingin di dalam ruangan tidak terbuang begitu saja.

Hal ini juga agar tidak membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan sebuah ruangan dan membebankan daya yang lebih berat.

Selalu Bersihkan Filter

Selain untuk membuat AC tetap bersih dan dingin, membersihkan filter AC secara berkala juga membuat AC tidak akan bekerja dengan ekstra dan membuat dayanya semakin besar. Untuk itu, bersihkan AC Anda secara berkala yakni 3 bulan sekali.

Hindari Menghidupkan dan Mematikan AC

Hindari menghidupkan dan mematikan AC dengan sering, karena ketika Anda menghidupkan dan mematikan AC dengan jangka waktu dekat, akan menyebabkan daya listrik yang semakin besar. Sebab, daya listrik paling besar ketika AC dinyalakan setelahnya baru daya listrik stabil.

Servis AC Secara Berkala

AC yang 'sehat' atau tidak bermasalah memiliki daya listrik yang lebih rendah daripada AC yang memiliki masalah dalam instalasi atau unitnya. Oleh karena itu, servis AC secara berkala.

Matikan Saat Tidak Dipakai

Terkadang memang nyaman, jika AC di dalam kamar sudah berfungsi ketika kita belum sampai di rumah, namun hal ini akan menjadi pemborosan. Lebih baik matikan AC ketika Anda sedang beraktifitas di luar ruangan.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved