Jangan Sembarangan Cuci Mobil Pakai Hidrolik

Tempat cuci mobil banyak ragamnya. Salah satunya yaitu cuci mobil dengan hidrolik, mobil diangkat ke atas dengan ketinggian tertentu supaya pembersiha

Editor: Geafry Necolsen
TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN
Tempat cuci mobil banyak ragamnya. Salah satunya yaitu cuci mobil dengan hidrolik, mobil diangkat ke atas dengan ketinggian tertentu supaya pembersihan kolong mobil lebih maksimal. 

Jangan Sembarangan Cuci Mobil Pakai Hidrolik

TRIBUNKALTIM.CO - Tempat cuci mobil banyak ragamnya. Salah satunya yaitu cuci mobil dengan hidrolik, mobil diangkat ke atas dengan ketinggian tertentu supaya pembersihan kolong mobil lebih maksimal.

Dengan mengangkat mobil, pembersihan kolong memang lebih mudah dijangkau karena bagian kolong langsung terlihat. Prosesnya pun biasanya memakai spray gun bertekanan tinggi untuk merontokkan kotoran.

Namun, hal tersebut juga tidak bisa sembarangan. Tekanan air yang sangat kuat bisa menggangu sejumlah piranti mobil, salah satunya yaitu piranti elektronik yang tersembunyi di bagian kolong.

Baca juga: Cara Cuci Mobil dan Motor yang Hemat Air

Baca juga: Istirahat Sejenak saat Mendaki Gunung, Agar Tidak Berhalusinasi

"Mobil itu di bagian bawah banyak komponen. Terkadang kalau tekanan air terlalu tinggi bisa mengganggu dari komponen itu.

Karena itu kita juga mesti hati-hati di bagian kolong mesin," kata Stephen Setyadi, Marketing Manager AutoGlaze, perusahaan penyedia jasa cuci mobil dan car care, di Tangerang.

Selain soal komponen, Stephen mengatakan ada sejumlah risiko jika mencuci mobil dengan hidrolik. Tak sedikit kejadian mobil jatuh karena hidrolik malfungsi.

"Pertama dari segi bisnis, investasi memakai hidrolik memang jauh lebih mahal. Kemudian, banyak juga kejadian, hidroliknya runtuh dan kalau hal tersebut sudah terjadi maka akan fatal sekali," kata Stephen.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved