Cara Membersihkan Tumbler yang Benar, Agar Bebas dari Bakteri

Memiliki tempat air minum atau tumbler sendiri akan memudahkan kita membawa air minum sekaligus mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai.

Editor: Geafry Necolsen
net
Memiliki tempat air minum atau tumbler sendiri akan memudahkan kita membawa air minum sekaligus mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai. 

Cara Membersihkan Tumbler yang Benar, Agar Bebas dari Bakteri

TRIBUNKALTIM.CO — Memiliki tempat air minum atau tumbler sendiri akan memudahkan kita membawa air minum sekaligus mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai.

Hal ini akan membantumu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sekaligus menjaga lingkungan.

Namun jika botol minum tidak dibersihkan dengan benar, tumbler justru akan menjadi sarang bakteri yang bisa saja membuatmu jatuh sakit.

Selain itu, pembersihan botol minum yang tidak benar akan mengubah rasa dari air minum yang kamu masukkan ke dalam botol.

Untuk itu, kamu perlu membersihkan botol minum dengan baik dan benar agar semua kotoran terutama bakteri bisa mati dan tidak mengubah rasa dari air yang kamu bawa.

Berikut empat langkah sederhana membersihkan tumbler dari bakteri, seperti dikutip dari Reader's Digest, Minggu (7/3/2021). 

1. Buat cairan pembersih

Isi botol air dengan sekitar 4/5 air dan 1/5 cuka putih. Sisakan ruang di bagian atas untuk menambahkan sedikit soda kue. Karena, bubuk ini akan mengeluarkan busa, untuk itu kamu perlu mempersiapkan ruang yang cukup.

Biarkan campuran hingga soda kue mengendap. Jangan gunakan jenis cuka lain, karena aromanya bisa terperangkap di dalam botol.

Kamu juga bisa menggunakan satu sendok makan pemutih sebagai pengganti cuka — tapi jangan mencampurkan keduanya.

Beberapa orang lebih suka menghindari pemutih karena dapat meninggalkan bau yang tidak sedap, tetapi dapat membunuh bakteri secara menyeluruh, dan soda kue dapat membantu menghilangkan bau.

2. Rendam tumbler

Taruh botol air di wastafel dan diamkan semalaman. Ini akan memberi waktu campuran yang kamu buat tadi untuk membunuh bakteri yang bersembunyi di tepi botol secara menyeluruh, serta melarutkan partikel bau yang tertinggal di sana.

3. Bilas 

Di pagi hari, tuangkan campuran ke saluran pembuangan dan bersihkan botol air. Kamu bisa mencucinya dengan air dan sabun seperti biasa.

Jika botol memiliki mulut yang sangat kecil, bilaslah dengan air panas di wastafel. Jika benar-benar perlu membersihkan kotoran yang menempel di sekitar mulut botol, kamu bisa membersihkannya dengan sikat gigi bekas.

4. Keringkan tumbler

Biarkan botol mengering. Pengeringan udara adalah pilihan terbaik dan satu-satunya pilihan di sini, jadi bersabarlah dan tunggu air menguap sebelum kamu menggunakan botol lagi.

Jangan lupa untuk menguji bau dan tampilan pada botol sebelum diisi ulang dengan air, hanya untuk memastikan semua bau dan penumpukan sabun sudah hilang. Sekarang tumbler siap digunakan lagi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved