Cara Memasak Sayuran yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Berkurang & Manfaatnya Tidak Hilang

panas yang dihasilkan saat memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran, terutama vitamin dan mineralnya.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Panas yang dihasilkan saat memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran, terutama vitamin dan mineralnya. 

Cara Memasak Sayuran yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Berkurang & Manfaatnya Tidak Hilang

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Salah satu cara untuk menikmati sayuran adalah dengan memasaknya terlebih dahulu.

Ya, memasak membuat sayuran menjadi lebih enak untuk dinikmati. Walaupun, mungkin beberapa sayuran lebih enak disantap mentah-mentah atau sebagai lalapan.

Pemasakan sayuran memang memberi manfaat, tetapi di balik itu juga dapat merugikan.

Dikatakan merugikan karena panas yang dihasilkan saat memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran, terutama vitamin dan mineralnya.

Masak sayuran
Masak sayuran (Shutterstock)

Beberapa vitamin memang dikenal tidak tahan terhadap panas, seperti vitamin C dan vitamin B. Kedua vitamin ini termasuk ke dalam vitamin larut air yang juga dapat larut bersama air pada proses pemasakan.

Bagaimana cara memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang?
Terdapat banyak cara dalam memasak sayuran, mulai dari perebusan, pengukusan, sampai menumis sayuran dengan sedikit minyak.

Masing-masing metode memasak ini tentu memiliki efek yang berbeda-beda terhadap sayuran. Beberapa tips memasak agar nutrisi dalam sayuran tidak hilang, yaitu:

1. Cuci sayuran dengan air mengalir, jangan direndam

Anak makan sayuran
Anak makan sayuran (net)

Sebelum memasak sayuran, Anda perlu mencucinya terlebih dahulu. Mencuci sayuran berguna untuk menghilangkan bakteri, kuman, maupun pestisida yang menempel pada sayuran.

Cuci sayuran pada air mengalir dan jangan pernah mencoba untuk merendamnya. Merendam sayuran hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang, seperti vitamin C.

Perlu diketahui bahwa vitamin C sangat rentan terhadap panas, air, dan udara.

2. Potong sayuran dalam bentuk besar-besar

Alternatif masak tanpa menggoreng makanan
Alternatif masak tanpa menggoreng makanan (net)

Untuk sayuran yang banyak mengandung vitamin larut air, seperti vitamin C, potonglah sayuran dalam bentuk besar atau Anda juga bisa memasaknya dalam bentuk yang utuh.

Hal ini berfungsi agar tidak banyak kandungan nutrisi yang hilang selama proses pemasakan. Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak nutrisi yang dapat hilang saat proses pemasakan.

Jika Anda ingin mendapatkan potongan sayuran yang lebih kecil, Anda dapat memotongnya lagi setelah selesai dimasak.

Sebagai contoh, Anda dapat merebus kentang utuh dengan kulitnya, kulit kentang juga mengandung nutrisi yang banyak sehingga sayang untuk dibuang.

Kemudian, setelah selesai direbus, Anda dapat memotong kentang menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah untuk dimakan.

3. Jaga waktu, suhu, dan air saat memasak

Ilustrasi: memasak makanan
Ilustrasi: memasak makanan (net)

Pada saat memasak, sebaiknya Anda perhatikan waktu, suhu, dan juga jumlah air minimum yang digunakan untuk memasak.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved