Trik Mengatur Waktu Cuti, Biar Liburan Makin Panjang dan Seru

Dalam setahun, para perusahaan memberikan jatah 12 hari cuti untuk para karyawan. Dan kebanyakan, cuti tersebut bakal hangus di akhir tahun jika nggak

Editor: Geafry Necolsen
LS Intranet
Dalam setahun, para perusahaan memberikan jatah 12 hari cuti untuk para karyawan. Dan kebanyakan, cuti tersebut bakal hangus di akhir tahun jika nggak habis digunakan. 

Trik Mengatur Waktu Cuti, Biar Liburan Makin Panjang dan Seru

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Lagi penat dan butuh refreshing? Liburan aja, yuk! Kalau masih punya jatah cuti, pakai saja biar nggak terbuang percuma.

Dalam setahun, para perusahaan memberikan jatah 12 hari cuti untuk para karyawan. Dan kebanyakan, cuti tersebut bakal hangus di akhir tahun jika nggak habis digunakan.

Nah, kalau sudah gitu, kamu butuh strategi buat menghabiskan jatah cuti kamu dalam setahun. Tentu saja, tanpa mengganggu kerjaan kamu di kantor.

Sebagai referensi kamu, berikut 4 tips mengatur jatah cuti kamu buat liburan. Simak di bawah ini, yuk!

CEK DAN SELESAIKAN PEKERJAAN DI KANTOR
Mau cuti tapi kerjaan masih banyak? Selesaikan dulu, yuk! Apalagi, kamu pasti nggak mau diganggu panggilan dari kantor saat lagi cuti.

Jadi, pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan minimal H-1 sebelum cuti. Selain itu, kamu bisa nabung kerjaan jauh-jauh hari. Sehingga, pas cuti, kamu sudah nggak kepikiran lagi, deh.

SESUAIKAN DENGAN KALENDER 1 TAHUN
Dalam setahun, kamu memiliki jatah cuti 12 hari sesuai dengan aturan pemerintah. Nah, kalau sudah gini, rasanya wajib buat plotting cuti kamu dalam setahun.

Gunakan kalender tahunan untuk melihat potensi besar kamu bisa ambil cuti banyak atau sedikit. Karena, kalau kamu ambil dadakan, pasti bakal merusak apa yang sudah kamu rencanakan ke depannya.

Jangan lupa juga untuk mengomunikasikan kepada atasan kamu atau rekan kerja untuk pembagian kerja saat kamu cuti.

DAMPINGI TANGGAL MERAH
Mau cuti sehari tapi dapat libur sampai 3-4 hari? Bisa banget. Caranya, kamu bisa mengambil jatah cuti dua hari untuk mendampingi satu tanggal merah.

Apalagi kalau tanggal merah berdekatan dengan akhir pekan, seperti di hari Kamis atau Jumat. Selain lebih puas, kamu juga bisa menyimpan jatah cuti kamu untuk kesempatan yang akan datang.

PERBANYAK JELANG HARI RAYA
Jika kamu termasuk orang yang jarang ambil cuti, maka datangnya hari raya bisa jadi kesempatan kamu buat memangkasnya.

Apalagi, kalau sudah ada hari raya Idul Fitri atau Natal. Pemerintah biasanya mengalokasikan jatah cuti bersama selama 2-3 hari.

Kamu bisa tambahkan dengan jatah cuti pribadi kamu selama 3-4 hari. Total, kamu bisa libur selama seminggu saat hari raya tiba.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved