10 Makanan & Minuman Ini Mampu Meningkatkan Daya Ingat

National Institutes of Health telah menemukan bukti bahwa makanan, diet, atau gaya hidup dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Ilustrasi. National Institutes of Health telah menemukan bukti bahwa makanan, diet, atau gaya hidup dapat mencegah penyakit Alzheimer. 

10 Makanan & Minuman Ini Mampu Meningkatkan Daya Ingat

TRIBUNKALTIM.CO, TARVEL - Otak merupakan bagian tubuh terpenting karena fungsi vital tubuh, seperti bernapas, memonitor tekanan darah, hingga pelepasan hormon dikendalikan melalui otak.

Namun sayangnya, otak Anda ternyata tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu proses penuaan. Terlebih, semakin bertambah usia Anda, maka akan semakin menurun kemampuan otak.

Salah satu penyakit yang sering dialami seseorang karena faktor usia adalah Alzheimer yang merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat.

Penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Kabar baiknya adalah National Institutes of Health telah menemukan bukti bahwa makanan, diet, atau gaya hidup dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Oleh karena itu, berikut adalah makanan yang dapat mempertajam otak untuk mencegah terjadinya penurunan daya ingat akibat faktor usia:

1. Blueberry
Blueberry mengandung antioksidan yang dapat berfungsi dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan otak.

Buah ini juga dapat berfungsi dalam meningkatkan memori otak, serta menghentikan perlambatan fungsi motorik, keseimbangan dan koordinasi.

Bahkan, studi terbaru menemukan bahwa blueberry, stroberi, dan buah acai dapat membantu Anda dalam mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat faktor usia.

Ilustrasi: Secangkir kopi di pagi hari
Ilustrasi: Secangkir kopi di pagi hari (Shutterstock)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved