Travel Tips

Sakit Ketika Liburan di Luar Negeri, Apa yang Harus Dilakukan?

Daerah asing, makanan yang berbeda, penyakit karena serangga, dan aktivitas petualangan bisa menyebabkan penyakit atau cedera,

Editor: Geafry Necolsen
net
Daerah asing, makanan yang berbeda, penyakit karena serangga, dan aktivitas petualangan bisa menyebabkan penyakit atau cedera, 

Sakit Ketika Liburan di Luar Negeri, Apa yang Harus Dilakukan?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Saat sedang berlibur ke luar negeri, hal terakhir yang kamu inginkan mungkin adalah masuk rumah sakit.

Tapi sebenarnya, tidak ada salahnya juga untuk selalu mempersiapkan segala kemungkinan terburuk.

“Daerah asing, makanan yang berbeda, penyakit karena serangga, dan aktivitas petualangan bisa menyebabkan penyakit atau cedera,” kata E. Patricia Gill, ahli penyakit menuliar dan obat-obatan bepergian di Longmont, Colorado.

Jangan Unggah Boarding Pass ke Media Sosial, Bahaya!

Jangan Tinggalkan di Pesawat, Ini Pentingnya Merobek Boarding Pass

Seperti dilansir dari HuffPost, Gill dan beberapa ahli lain menjelaskan cara-cara yang bisa dilakukan oleh wisatawan agar bisa mencegah hal yang tak diinginkan terjadi.

Tak luput, apa saja yang perlu dipersiapkan ketika membutuhkan bantuan medis di negara asing.

1. Pergi ke dokter sebelum berangkat liburan

“Pencegahan selalu lebih baik dari mengobati. Kamu bisa diberikan obat untuk diare atau pencegahan penyakit yang bisa kamu gunakan sendiri,” kata Gill.

Corona Sedang Mewabah, Jangan Salah Pakai Masker Saat Sedang Traveling

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Virus Corona?

Gill sangat menganjurkan berdiskusi dengan dokter soal jadwal perjalanan dan destinasi sebelum berangkat liburan untuk mendapatkan saran personal, imunisasi khusus, dan obat-obatan untuk pencegahan penyakit.

2. Membawa Obat Dengan mengunjungi dokter 

Sebelum berangkat liburan, kamu juga bisa meminta resep untuk obat-obatan yang sekiranya akan kamu butuhkan di luar negeri.

Namun sebelumnya, kamu juga harus mengecek apakah obat-obatan yang kamu bawa sudah diizinkan oleh negara yang kamu tuju.

3. Mengecek Asuransi

Mengecek asuransi kesehatan juga sangat penting dilakukan. Apakah asuransi kesehatan yang kamu gunakan memiliki layanan di luar negeri.

Selain itu, penting juga untuk tahu apakah kamu perlu mempersiapkan dana tambahan yang mungkin diminta perusahaan asuransi.

4. Meriset tempat tujuan

Menurut Robert Quigley, Vice President di International SOS dan MedAire penting untuk meriset destinasi kamu seputar infrastruktur fasilitas kesehatan dan layanan kesehatan yang ada di negara tujuan tersebut.

5. Mencetak dokumen

“Jika kamu memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya membawa cetakan dokumen dari dokter yang meliputi nama obat-obatan yang kamu gunakan.

Jika memungkinkan, terjemahkan dokumen tersebut menjadi bahasa lokal negara tujuan kamu,” jelas Daphnee Hnedsbee, spesialis komunikasi dan marketing di International Association for Medical Assistance to Travellers (IAMAT).

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved