Tips dan Trik

Benarkah Memanaskan Makanan Berkali-kali Membuat Gizinnya Menurun?

Seberapa banyak zat gizi yang hilang karena suka menghangatkan makanan? Adakah jenis masakan tertentu yang sama sekali tidak boleh dipanaskan? Simak j

HelloSehat
Seberapa banyak zat gizi yang hilang karena suka menghangatkan makanan? Adakah jenis masakan tertentu yang sama sekali tidak boleh dipanaskan? 

Benarkah Memanaskan Makanan Berkali-kali Membuat Gizinnya Menurun?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Memanaskan makanan memang praktis. Terutama kalau Anda tak punya banyak waktu untuk masak dulu setiap kali mau makan.

Akan tetapi, kebiasaan seperti ini ternyata dapat menurunkan kadar nutrisi pada makanan.

Seberapa banyak zat gizi yang hilang karena suka menghangatkan makanan? Adakah jenis masakan tertentu yang sama sekali tidak boleh dipanaskan? Simak jawabannya di bawah ini.

Kenapa memanaskan makanan bisa mengurangi kandungan zat gizinya?

Memasak dengan teknik yang benar memang sangat diperlukan agar dapat membunuh bakteri, menghindarkan Anda dari risiko penyakit infeksi, serta membuat makanan jadi bisa dicerna.

Namun, ternyata proses memasak yang salah (suhu terlalu tinggi atau proses terlalu lama) dan kebiasaan memanaskan makanan berulang-ulang dapat menurunkan kadar nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Jangan Buang Makanan Sisa, Begini Cara Menyimpan & Memanaskan Kembali

Baca juga: Cara Sehat Menyimpan dan Memanaskan Kembali Makanan Sisa

Salah satu nutrisi penting yang akan terbuang adalah vitamin C. Padahal, vitamin C memiliki peranan yang sangat penting dalam kesehatan tubuh, seperti membantu mencegah terjadinya anemia, membantu melindungi fungsi pendengaran, dan kemampuan unik lainnya.

Karena itu, bila sayur bayam sudah matang, kemudian Anda panaskan lagi selama beberapa menit, akan semakin banyak kandungan vitamin C-nya yang hilang.

Contoh lainnya yaitu wortel.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved