Tips dan Trik

Tips Menyimpan Barang-barang di Rumah agar Lebih Rapi

Jika tidak ada rencana ke mana-mana di akhir pekan ini, mungkin bisa memanfaatkan waktu untuk menata kembali rumah.

Editor: Geafry Necolsen
Grid
Jika tidak ada rencana ke mana-mana di akhir pekan ini, mungkin bisa memanfaatkan waktu untuk menata kembali rumah. 

Tips Menyimpan Barang-barang di Rumah agar Lebih Rapi

TRIBUNKALTIM.CO - Jika tidak ada rencana ke mana-mana di akhir pekan ini, mungkin bisa memanfaatkan waktu untuk menata kembali rumah.

Apa lagi, sekarang ini sebagian besar tempat tinggal khususnya di kota besar memiliki ukuran yang terbatas. Kondisi ini seringkali menimbulkan masalah, karena tidak cukupnya ruang untuk menampung banyaknya barang.

Berdampak pada Bayi, Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi?

Berapa Durasi Tidur Ideal Berdasarkan Usia?

Lebih Sehat Mana, Telur Ayam Kampung atau Telur Ayam Ras?

Selain itu, minimnya pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pengaturan perabot rumah tangga mengakibatkan orang cenderung menumpuk barang selama bertahun–tahun tanpa menyadari keberadaan barang tersebut.

Coba kamu ingat-ingat, di manakah kamu menyimpan koleksi musik, buku, suvenir, dan barang lainnya? Biasanya kebanyakan dari kita menaruhnya di ruang tamu karena tidak mengaturnya secara khusus.

Pada dasarnya, setiap orang mendambakan rumah yang nyaman, tertata rapi serta terasa leluasa, namun tidak mengetahui bagaimana cara mengaturnya.

Tidak banyak juga orang yang memiliki ruang luas untuk menyimpan semua barang mereka dan menjadikannya sebagai gaya mereka sendiri.

Padahal ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk merapikan barang-barang kita dengan perabot yang fungsional, sekaligus menghemat tempat.

Ririn Basuki, Public Relations IKEA Indonesia mengatakan, “Untuk mendapatkan ruang tertata rapi dan terasa lebih leluasa, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan solusi praktis dan fungsional, seperti memanfaatkan perabot rumah tangga multifungsi.”

Menurut Ririn, ada beberapa tips mudah yang sudah dirancang seksama oleh IKEA untuk menata ruang agar lebih tertata dan terasa leluasa.

Kategori barang

Pertama, pilih dan pilah barang-barang yang dimiliki dan kategorikan sesuai tingkat kepentingan, seberapa sering dipakai, dan berdasarkan ukuran.

Setelah itu, kelompokkan barang-barang yang ingin disimpan dan tidak dipakai lagi. Untuk barang-barang yang masih ingin disimpan, dibagi lagi menjadi barang yang sering dipakai dan yang jarang dipakai.

Pisahkan barang-barang dalam ukuran besar dari pernak pernik yang kecil. Simpanlah barang kebutuhan sehari-hari di tempat yang mudah dilihat.

Barang-barang yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sebaiknya disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat, atau tempat penyimpanan barang yang transparan.

Tempat penyimpanan tertutup

Adapun untuk barang-barang yang jarang digunakan dan tidak ingin terlihat, dapat disimpan di dalam kotak penyimpanan dengan penutup yang mudah dijangkau bila suatu saat diperlukan.

Pastikan barang-barang yang disimpan di dalam penyimpanan tertutup sudah dipilah sesuai kategori dan fungsinya.

Kita juga bisa menyimpan barang-barang dalam perabot multifungsi, misalnya kursi atau meja yang bagian bawahnya bisa dibuka dan difungsikan sebagai rak.

Manfaatkan area dinding

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved