Tips dan Trik

Bisa Memicu Keracunan Makanan, Jangan Lupa Megganti dan Mencuci Lap Dapur

lap dapur yang biasanya digunakan untuk mengelap alat-alat masak, mengangkat panci panas, atau mengeringkan tangan ternyata menyimpan banyak bakteri.

Editor: Geafry Necolsen
Taste of Home
Ilustrasi: Lap dapur yang biasanya digunakan untuk mengelap alat-alat masak, mengangkat panci panas, atau mengeringkan tangan ternyata menyimpan banyak bakteri. 

Bisa Memicu Keracunan Makanan, Jangan Lupa Megganti dan Mencuci Lap Dapur

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Selain peralatan masak, di dapur Anda pasti ada lap dapur. Lap dapur memang serba guna.

Bisa untuk membersihkan meja, mengeringkan piring dan gelas, hingga untuk mengelap tangan. Namun hati-hati, benda yang satu ini juga bisa jadi penyebab keracunan makanan, lho.

Bagaimana bisa? Cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Lap dapur bisa jadi penyebab keracunan makanan

Penyebab keracunan makanan yang paling umum adalah kontaminasi bakteri dan kuman penyakit pada makanan.

Keracunan makanan juga bisa disebabkan oleh peralatan yang Anda pakai untuk bersih-bersih, salah satunya lap dapur.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian dari University of Mauritius mengungkapkan bahwa lap dapur yang biasanya digunakan untuk mengelap alat-alat masak, mengangkat panci panas, atau mengeringkan tangan ternyata menyimpan banyak bakteri.

Hal ini dibuktikan dari 100 lap dapur yang diteliti, sebanyak 49 di antaranya positif mengandung bakteri penyebab keracunan makanan.

Lap dapur yang positif mengandung bakteri kebanyakan digunakan untuk banyak hal sekaligus. Contohnya Anda mengelap alat-alat masak sekaligus mengeringkan tangan dengan lap yang sama.

Sisa-sisa air dari tangan atau alat-alat dapur yang basah akan mudah terserap oleh serbet dan membuatnya lembap. Nah, kain yang lembap inilah yang menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved