Tips dan Trik

Selain Penyedap Masakan, Cuka Juga Ampuh untuk Bersihkan Perabotan Rumah

Selain pembersih rumah yang banyak dijual di pasaran, Anda juga bisa menggunakan cuka untuk membersihkan peralatan rumah tangga.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Ilustrasi. Bersihkan perabotan rumah 

Selain Penyedap Masakan, Cuka Juga Ampuh untuk Bersihkan Perabotan Rumah

TRIBUNKALTIM.CO - Selain pembersih rumah yang banyak dijual di pasaran, Anda juga bisa menggunakan cuka untuk membersihkan peralatan rumah tangga.

Namun, efektifkah menggunakan bahan penyedap masakan ini untuk membersihkan perabotan? Lantas, perabotan apa saja yang boleh dibersihkan dengan bahan ini? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Ampuhkah cuka untuk membersihkan peralatan di rumah?Cuka sering direkomendasikan sebagai bahan pembersih perabotan yang ada di rumah.

Namun, jenis cuka yang paling sering digunakan adalah cuka putih, bukan cuka sari apel atau cuka anggur. Alasannya, karena cuka ini tidak berwarna sehingga tidak akan mengotori permukaan benda yang dibersihkan.

Menurut laman National Science Foundation, asam asetat dapat mengangkat kotoran, noda, dan bakteri yang menempel pada suatu benda.

Di lain sisi, zat ini juga bersifat iritan sehingga dapat merusak beberapa permukaan sehingga tidak semua benda dapat dibersihkan dengan cuka.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa bahan ini tidak seampuh pembersih yang memang diformulasikan untuk membunuh kuman atau bakteri.

Jadi, Anda bisa menggunakan cuka sebagai bahan alternatif untuk membersihkan noda atau kotoran peralatan di rumah.

Akan tetapi, jika tujuan Anda adalah membasmi kuman yang menempel, lebih baik menggunakan larutan pembersih antiseptik.

Peralatan yang bisa dibersihkan dengan cuka

Meskipun cukup ampuh membersihkan noda, tidak semua benda dapat dibersihkan dengan cuka putih.

Beberapa peralatan yang tidak dianjurkan dibersihkan dengan cuka, antara lain yang terbuat dari batu alam, besi tuang, kayu lilin, atau aluminium.

Supaya lebih jelas, Anda bisa menggunakan cuka untuk membersihkan peralatan rumah tangga, seperti:

1. Perabotan yang terbuat dari kaca

Anda bisa membuat larutan pembersih sendiri dengan mencampurkan air dan cuka putih.

Kemudian, tempatkan pada wadah botol semprot. Gunakan dengan cara disemprotkan pada permukaan benda yang terbuat dari kaca dan usap dengan kain bersih.

2. Keran air

Selain benda yang terbuat dari kaca, Anda juga bisa menggunakan cuka putih untuk membersihkan peralatan seperti keran air.

Keran air yang selalu basah dapat kotor karena timbunan kalsium, debu, dan residu sabun.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved