Travel Tips

5 Tips Memilih Tenda, Pilih Tenda yang Bisa Digunakan di Segala Situasi

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, terutama jika di gunung, cuaca cenderung berubah setiap saat. Karena itu, memilih tenda tidak boleh sembaran

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, terutama jika di gunung, cuaca cenderung berubah setiap saat. Karena itu, memilih tenda tidak boleh sembarangan. 

5 Tips Memilih Tenda, Pilih Tenda yang Bisa Digunakan di Segala Situasi

TRIBUNKALTIM.CO - Kemping bisa menjadi salah satu cara menikmati keindahan alam. Tenda sudah pasti menjadi kebutuhan utama jika tujuannya kemping di alam terbuka.

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, terutama jika di gunung, cuaca cenderung berubah setiap saat. Karena itu, memilih tenda tidak boleh sembarangan.

Harus nyaman untuk istirahat, kuat melindungi dari cuaca buruk. Agar tak menyesal membeli yuk simak beberapa tips membeli tenda berikut ini Teman Traveler.

1. Merek dan Harga

Dua faktor ini kerap jadi pertimbangan utama dalam membeli tenda. Merek tertentu sudah banyak digunakan dan direkomendasikan oleh para pendaki.

Meski begitu, harga juga menentukan jenis tenda yang bisa dibeli. Tak harus buatan luar negeri, tenda produksi lokal kini juga tak perlu diragukan kualitasnya.

Sebaiknya tidak membeli secara daring atau online, karena mengecek barang secara langsung merupakan bagian pentig dari pemilihan tenda. Tak perlu malu datang ke toko yang menjual perlengkapan ootdoor dan membandingkan harga serta kualitasnya.

2. Ukuran Tenda

Tenda yang dibeli juga harus mempertimbangkan kebutuhan. Apakah kamu ingin kemping bersama keluarga kecilmu, atau berdua saja dengan teman?

Tenda kapasitas dau orang atau empat orang adalah pilihan tepat. 

3. Berat

Sekarang ini sudah banyak dijual tenda ultralight atau ringan, namun tenda jenis ini perlu perawatan yang serius. Sementara tenda konvensional memiliki kelebihan, yakni material yang kuat.

Terserah, tenda mana yang dipilih, tapi pertimbangkan berat tenda saat traveling, terutama saat mendaki gunung. Semakin berat beban yang dibawa, semakin melelahkan.

4. Lapisan Tenda

Ada dua jenis tenda, yakni single layer dan double layer. Tenda dua lapis, mampu melindungi jika terjadi cuaca buruk. Meski proses pemasangannya lebih merepotkan, tenda ini memiliki lapisan aman dari kondensasi. 

5. Bentuk

Bentuk tenda juga bermacam-macam. Perbedaan bentuk ini memiliki fungsi masing-masing. Namun bentuk tenda sangat mempengaruhi terpaan angin kencang.

Penulis: Geafry Necolsen

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved