Travel Tips

Cara Melindungi Koper Bagasi Agar Tidak Rusak selama Penerbangan

Menurut data terbaru Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) menerima lebih dari 2.000 keluhan terkait kehilangan, keterlambatan, atau kerusakan bagasi.

Editor: Geafry Necolsen
Tribunnews
Menurut data terbaru Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) menerima lebih dari 2.000 keluhan terkait kehilangan, keterlambatan, atau kerusakan bagasi. 

Cara Melindungi Koper Bagasi Agar Tidak Rusak selama Penerbangan

TRIBUNTRAVEL.COM - Penanganan bagian bagasi memang sudah diatur oleh petugas bagasi pesawat.

Mereka bertugas memindahkan ribuan tas atau koper di sekitar bandara setiap hari.

Meskipun memang tugas mereka memastikan setiap koper sampai ke penerbangan yang tepat dengan selamat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh turis untuk membantu agar koper tetap aman.

Tapi ada cara agar penumpang dapat melindungi koper bagasi dengan baik selama penerbangan.

Cara paling mudah adalah memberikan sebuah tanda atau label pada koper dengan tulisan "mudah pecah", dengan begitu petugas bagasi akan lebih berhati-hati ketika mengurus kopermu.

"Kasus yang sering terjadi adalah barang mudah pecah yang akan diperlakukan secara hati-hati, tapi semakin berat kopernya maka semakin sulit mengatasinya," tulis seorang petugas bagasi dalam sebuah forum Reddit.

Dia menambahkan, "Jika kamu khawatir tentang koper itu, lebih baik bawa dua tas ukuran sedang daripada bawa satu tas besar dan berat".

ILUSTRASI - Koper di bandara
ILUSTRASI - Koper di bandara (Shutterstock)

Penumpang yang bepergian dengan membawa koper begitu berat biasanya juga mempertimbangkan untuk membeli koper jenis tertentu.

Petugas bagasi lainnya turut memberikan saran, "Jika kamu mengemas barang yang berat, masukkan ke dalam wadah yang kuat atau yang bisa menggulung dan ditumpuk".

"Kamu tahu, koper itu sebenarnya ringan dan mudah bermanuver, mudah ditumpuk, dan mudah menyimpan barangmu dengan aman," terusnya.

Cara berikutnya adalah dengan membeli asuransi perjalanan yang mencakup semuanya.

Paket asuransi itu bervariasi, dan jumlah pertanggungan dapat ditingkatkan jika isi atau barang bawaan memang barang mahal.

Anna Sant, pakar asuransi perjalanan di MoneySuperMarket mengatakan, "Sebagian besar bagasi tiba di tempat tujuan tanpa hambatan".

Namun CAA menerima lebih dari 2.000 keluhan terkait kehilangan koper atau kasus yang belum terselesaikan dalam lima tahun terakhir.

Oleh sebab itu Anna mengatakan jika sangat penting buat kamu memiliki asuransi perjalanan dengan tingkat perlindungan yang tepat.

"Sebagian besar polis akan menganggung seluruh biaya barang-barang kalian, tapi ada baiknya untuk memeriksa ulang sebelum melanjutkannya," tegasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved