Destinasi Wisata

Menikmati Kesegaran Air Terjun Pegunungan Jantur Mapan di Kutai Barat

Tidak susah menjangkau Jantur mampan, sebab letaknya di pinggir jalan poros Kecamatan Barong Tongkok – Linggang Bigung.

Editor: Geafry Necolsen
Tribun Kaltim
Tidak susah menjangkau Jantur mampan, sebab letaknya di pinggir jalan poros Kecamatan Barong Tongkok – Linggang Bigung. 

Menikmati Kesegaran Air Terjun Pegunungan Jantur Mapan di Kutai Barat

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR – Destinasi wisata alam yang kerap terdengar ketika menyebutkan Kubar yakni, air terjun. Salah satunya adalah Jantur Mapan. Warga setempat menamai jantur sebagai terminologi air terjun di Kubar.

Jantur Mapan terletak di kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung. Jaraknya kurang lebih 10 km dari Sendawar.

Tidak susah menjangkau Jantur mampan, sebab letaknya di pinggir jalan poros Kecamatan Barong Tongkok – Linggang Bigung.

Tribun berkesempatan memandang eloknya Jantur Mapan pada lebaran lalu, (17/7). Dikelilingi tebing berbatu dan pepohonan, Jantur Mapan membangkitkan sensasi sejuk hawa alam.

Diperkirakan ketinggian air terjun mencapai 10 meter. Air tersebut langsung jatuh ke sungai, menurun lewati bebatuan kali.

“Di sini sejuk, airnya jernih dan dingin. Kita juga bisa berdiri pas di bawah air terjunnya. Kalau untuk rekreasi sangat cocok,” celetuk Rizali, pengunjung asal Desa Tering Lama.

Salah satu petugas Dinas Pariwisata Kutai Barat, Emilia, mengatakan, Jantur Mapan menjadi salah satu aset wisata alam yang membanggakan Kubar.

Akses terjangkau dan perpaduan alam antara air dan tebing, menjadi Keistimewaan yang ditawarkan Jantur Mapan.

“Jantur Mapan ini telah di kelola Dinas Pariwisata Kubar sejak tahun 2002. Sejak saat itu dibuka untuk umum dengan tarif seribu rupiah.

Di sini selalu ramai pengunjung dari berbagai daerah. Ada yang dari dalam Kubar, luar Kubar, bahkan ada yang dari luar negeri,” ungkapnya saat ditemui di pintu masuk air terjun.

Namun belakangan ini, kata Emilia volume pengunjung mulai berkurang lantaran faktor ekonomi.

“Akibatnya sekarang ini pemasukan tiap bulan Jantur Mapan berkisar 50-100 ribu dari pengunjung. Padahal beberapa tahun sebelumnya pemasukan bisa lebih dari 150 ribu,” ujar Emilia yang menurutnya hasil pemasukan itu akan disetor ke kas daerah.

Kabupaten yang beribukota di Sendawar ini jaraknya sekitar 470 km dari Balikpapan, dan 350 km dari Samarinda. Mengarah ke hulu, Kubar seakan tersembunyi di belantara Kalimantan. (Laporan Wartawan TribunKaltim Cornel Dimas)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved