Kesehatan

Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Langsung Mandi Saat Berkeringat

Tubuh yang penuh peluh juga memicu bau badan, itu sebabnya banyak yang memilih untuk langsung mandi.

Editor: Geafry Necolsen
net
Tubuh yang penuh peluh juga memicu bau badan, itu sebabnya banyak yang memilih untuk langsung mandi. Namun, apakah boleh jika langsung mandi saat tubuh masih berkeringat? 

Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Langsung Mandi Saat Berkeringat

TRIBUNKALTIM.CO - Sebagian orang langsung mandi untuk menghilangkan rasa gerah dan keringat. Tapi mandi saat berkeringat, boleh atau tidak?

Harvard Medical School menyebutkan bahwa tubuh yang berkeringat sering kali menjadi salah satu alasan untuk mandi.

Tubuh yang penuh peluh juga memicu bau badan, itu sebabnya banyak yang memilih untuk langsung mandi. Namun, apakah boleh jika langsung mandi saat tubuh masih berkeringat?

Bolehkah langsung mandi saat tubuh berkeringat?

Keringat membuat kulit jadi lengket. Selain itu, memberi peluang bagi kotoran, seperti debu menempel di kulit, keringat yang keluar dari sekitar ketiak, selangkangan, dan dada cenderung menyebabkan bau badan.

Pada beberapa kasus, keringat bisa menciptakan kelembapan yang merangsang pertumbuhan jamur atau bakteri yang ada di kulit.

Mandi atau tidak ketika saat kondisi kulit masih berkeringat sebenarnya adalah pilihan Anda. Namun, kebanyakan orang akan memilih untuk mandi karena merasa tidak nyaman.

Lantas, apa benar mandi saat keringat masih mengucur deras itu aman?

Sebelum menjawab boleh atau tidak mandi saat tubuh berkeringat, Anda perlu memahami proses pengaturan temperatur dalam tubuh (thermoregulation/regulasi temperatur).

Regulasi temperatur tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk mempertahankan suhu internal.

Salah satu faktor yang memengaruhi regulasi suhu tubuh adalah aktivitas. Semakin tinggi aktivitas yang Anda lakukan, suhu tubuh akan semakin meningkat.

Nah, untuk menormalkan kembali suhu tubuh, sistem saraf pusat akan mendinginkan kulit dengan mengeluarkan keringat. Itulah sebabnya tubuh akan berkeringat saat Anda aktif bergerak.

Setelah olahraga atau beraktivitas, tubuh akan terus menghasilkan panas untuk mengisi kembali cadangan energi dan menormalkan kembali sirkulasi darah.

Proses ini membuat suhu inti tubuh tetap tinggi beberapa saat dan memicu keringat tetap keluar walaupun Anda sudah berhenti beraktivitas.

Seorang ahli fisiologi olahraga di San Fransisco, yakni Stacy Sims, PhD, menyarankan untuk tidak langsung mandi saat tubuh berkeringat. Terutama mandi dengan air yang sangat dingin.

“Suhu dingin dapat mempersempit pembuluh darah dan memicu suhu tubuh terus naik, ” ujar Stacy. Hal ini dapat menyebabkan panas tubuh tertahan dan gangguan pada pembuluh darah.

Tips aman mandi saat tubuh berkeringat

Mandi saat tubuh berkeringat tak direkomendasikan, apalagi jika menggunakan air dingin.

Daripada langsung mandi, sebaiknya turunkan dulu suhu tubuh Anda sebelum memutuskan untuk membersihkan diri.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved