Kesehatan

Waspada Gelap Pekat Minyak Jelantah di Gorengan yang Jadi Jajan Anak

Anda tak percaya? Datang saja ke sekolah-sekolah dasar di dekat Anda tinggal atau bekerja. Amati situasinya.

Youtube
Banyak anak yang lebih memilih jajanan yang dijual di luar halaman sekolah ketimbang membawa bekal makanan dari rumah. Anda tak percaya? Datang saja ke sekolah-sekolah dasar di dekat Anda tinggal atau bekerja. Amati situasinya. 

Waspada Gelap Pekat Minyak Jelantah di Gorengan yang Jadi Jajan Anak

TRIBUNKALTIM.CO - Banyak anak yang lebih memilih jajanan yang dijual di luar halaman sekolah ketimbang membawa bekal makanan dari rumah

Anda tak percaya? Datang saja ke sekolah-sekolah dasar di dekat Anda tinggal atau bekerja. Amati situasinya.

Hal yang sama ditemui sehatnews.com saat menyambangi sebuah sekolah yang berada di bilangan Jakarta Selatan. Kantin sekolah sebenarnya sudah menyiapkan jajanan yang lebih bersih meski belum tentu juga bisa disebut sehat.

Bukan bahan makanannya saja yang kami curigai, melainkan juga proses penyajiannya. Dari sederatan penjual yang menyajikan makanandi luar halaman sekolah, tukang jual 'gorengan' yang menarik hati kami untuk melihatnya.

Seperti para penjual lainnya yang sering beredar di berbagai sekolah dan perumahan serta kampung, penjual ini menggunakan minyak bekas atau jelantah yang warnanya sudah tampak gelap pekat pertanda sudah berkali-kali digunakan.

Kita tahu bahwa minyak goreng bekas menjadi salah satu sarana penimbun penyakit dalam tubuh bila kita konsumsi terus menerus. Minyak sangat jenuh ini berpotensi meningkatkan kolesterol jahat 'ngendon' dalam pembuluh darah anak-anak itu, kata para dokter. Kolesterol jahat yang tinggi merupakan sumber banyak penyakit diantaranya jantung dan kolesterol.

Nah, Anda para orangtua masih belum percaya? Silakan awasi sendiri anak-anak Anda saat di sekolah

Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved