Objek Wisata

Memacu Adrenalin sambil Menikmati Kicauan Burung di Batu Dinding, Tidak Jauh dari Balikpapan

adrenalin anda diajak berpacu. Bukit curam, sudut kemiringan sekitar 95-100 derajat, ditambah lagi kontur tanahnya berupa batu pasir, dipastikan licin

Editor: Geafry Necolsen
Tribun Kaltim/M WIKAN H
Objek wisata alam Batu Dinding di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Objek wisata ini sangat asri dan sejuk, cocok dijadikan tempat menikmati mata hari terbit maupun terbenam. Lokasinya kurang lebih 55 kilometer dari Kota Balikpapan. 

Memacu Adrenalin sambil Menikmati Kicauan Burung di Batu Dinding, Tidak Jauh dari Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO - Puncak Batu Dinding kini menjadi objek wisata alam favorit. Ribuan orang berdatangan untuk menyaksikan matahari terbit (sunrise) atau matahari terbenam (sunset).

Perlu pelancong ketahui, untuk mencapai puncak bukit yang terletak di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kuta Kartanegara, Kalimantan Timur, tersebut bukan perkara mudah.

Sebab adrenalin anda diajak berpacu. Bukit curam, sudut kemiringan sekitar 95-100 derajat, ditambah lagi kontur tanahnya berupa batu pasir, dipastikan licin bila dalam keadaan basah.

Lokasinya kurang lebih 55 kilometer dari Kota Balikpapan.

Baca juga: 

 Pesona Wisata Batu Dinding di Rimba Borneo Mirip Tembok China

 Segarnya Air Terjun Pegunungan Jantur Mapan di Kutai Barat

  
TRIBUNKALTIM.CO/M WIKAN H
 Puncak bukit objek wisata alam Batu Dinding di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kuta Kartanegara, Kalimantan Timur. Objek wisata ini sangat asri dan sejuk, cocok dijadikan tempat menikmati mata hari terbit maupun terbenam. Lokasinya kurang lebih 55 kilometer dari Kota Balikpapan.

Perlu kehati-hatian, karena tepi batu dinding langsung berbatasan dengan jurang. Lagipula pembatas tepi bukit hanya dibuat sementara dari tali tambang dan tali raffia, itupun tak semua jalur ada pembatasnya.

Kondisi ini membuat para pengunjung harus benar-benar mencari pegangan dan tumpuan yang kuat, agar tak terperosok ke jurang. Kondisi jalur seperti ini, sebaiknya anak-anak jangan diperkenankan naik meskipun dengan pengawasan, karena belum ada jaminan keselamatan untuk bisa sampai ke puncak.

Ketika sampai di atas bukit, hijaunya hamparan hutan tropis menyambut dari bawah. Kicauan burung tiung dan suara owa-owa kerap terdengar saat melintasi hutan, menambah elok aura eksotisnya alam Kalimantan. Beo atau sering disebut dengan nama Tiung (Gracula) adalah burung pintar yang bisa menirukan suara orang.

TRIBUNKALTIM.CO/CORNEL DIMAS SATRIO KUSBINANTO
Jalanan setapak menuju objek wisata alam Batu Dinding di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kuta Kartanegara, Kalimantan Timur.

Anda harus mencari posisi yang nyaman agar bisa mengabadikan momen tersebut. Jika sudah selesai, satu-satunya rute perjalanan pulang adalah jalan yang sebelumnya sudah dilewati saat naik menuju bukit. Ya tidak ada rute lain, hanya satu.

Untuk menuju ke Batu Dinding, bisa melalui Balikpapan dan Samarinda, sebab lokasinya tepat berada di jalan poros kedua kota tersebut. tempatnya bisa dijangku menggunakan mobil dan motor. Jika dari Balikpapan, lewatilah Jalan Soekarno Hatta atau yang biasa dikenal dengan jalan kilo. Ikuti jalur tersebut ke Utara, arah ke Samarinda, dan perhatikan petunjuk kilometer yang ada di pinggir jalan.

 
 
TRIBUNKALTIM.CO/CORNEL DIMAS SATRIO KUSBINANTO
caption: Bongkahan batu besar di puncak objek wisata alam Batu Dinding di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kuta Kartanegara, Kalimantan Timur.
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved