Travel Alert

Fasilitas Publik di Balikpapan Ditutup Tiga Hari, Kasus Covid-19 Melonjak

Untuk penutupan area publik, pemerintah kota juga telah berkordinasi dengan instansi terkait dan akan menempatkan petugas jaga.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Pantai Melawai Balikpapan. Karena lonjakan kasus covid-19, Pemkot Balikpapan melakukan penutupan sejumlah fasilitas publik, termasuk objek wisata. 

Fasilitas Publik di Balikpapan Ditutup Tiga Hari, Kasus Covid-19 Melonjak 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan terus bertambah secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

Ini membuat pemerintah kota harus mengambil langkah tegas. Diantaranya dengan mengkarantina sebagian perkantoran OPD bahkan melakukan pembatasan di area publik.

Pasalnya dari data yang ada, jumlah kenaikan kasus positif dalam satu bulan terakhir mencapai 200%. Bahkan prosentase kematian mendadak melonjak naik hingga 300 persen.

"Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat, dengan melihat perkembangan ini. Gugus tugas akan melaksanakan pembatasan di area publik selama tiga hari," ujarnya di Balai Kota, Rabu (12/8/20).

Pembatasan ini dilakukan dengan cara menutup beberapa area publik seperti misalnya di lapangan Merdeka.

Tempat kebanyakan warga kota Beriman melakukan aktivitas olahraga, nongkrong, hingga bermain.

Untuk penutupan area publik, pemerintah kota juga telah berkordinasi dengan instansi terkait dan akan menempatkan sebagian petugas dalam melakukan penjagaan di lapangan.

"Beberapa tempat lainnya akan kita umumkan, di hari Jumat sampai Minggu. Hari Senin baru bisa dibuka kembali," terangnya.

Walikota Balikpapan dua periode itu pun meminta kepada setiap rumah makan, restoran, dan cafe untuk kembali melayani pemesenanan secara online ataupun take away.

"Saya mohon masyarakat memahami kebijakan ini, untuk menahan terjadinya lonjakan kasus. Mohon menjadi perhatian langkah yang kita lakukan, meski tidak membuat nyaman warga kota Balikpapan," imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, sampai saat ini total pasien positif di Kota Balikpapan tembus diangka 857 kasus.

Dengan pasien dirawat di Rumah sakit sebanyak 159orang, dan melakukan isolasi mandiri sebanyak 137 orang.

Sedangkan pasien sembuh berjumlah 516 orang dan pasien yang telah dinyatakan meninggal dunia sebanyak 45 orang.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved