Travel Alert

Pengunjung serta Pemilik Restoran dan Caffe Diminta Taati Protokol Kesehatan, Melanggar Kena Sanksi

Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) pun diminta untuk lebih giat dalam penegakan kedisiplinan. Utamanya berkaitan dengan protokol kesehatan

Cirquee
Ilustrasi: Barista menyeduh kopi 

Pengunjung serta Pemilik Restoran dan Caffe Diminta Taati Protokol Kesehatan, Melanggar Kena Sanksi

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Sejak relaksasi terhadap usaha restoran maupun cafe diberlakukan, banyak masyarakat yang mulai memilih makan di tempat atau nongkrong.

Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) pun diminta untuk lebih giat dalam penegakan kedisiplinan. Utamanya berkaitan dengan protokol kesehatan dengan patroli ke lapangan.

Selain itu, SOP Satpol PP juga diminta agar tidak segan menegur atau mendisiplinkan masyarakat yang melakukan pelanggaran.

Selama ini, Satpol PP telah melakukan patroli khusus per wilayah. Namun tak ditampik, bahwasannya memang banyak kegiatan malam hari yang perlu diawasi.

Sehingga pihaknya berencana untuk melakukan patroli bersama Dinas Kesehatan dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 di masyarakat.

Sementara itu ada tiga aturan yang wajib diterapkan oleh Rumah makan maupun cafe. Pertama, sebelum memasuki tempat harus mencuci tangan.

Kemudian juga aturan mengenai jaga jarak. Bahwasanya jarak aman minimal adalah 1 meter. Juga masyarakat tetap dengan tetap menggunakan masker.

Sehingga dalam penerapannya, Satpol PP juga mempersyaratkan bahwa rumah makan hanya boleh menerima maksimal 50% dari kapasitas. "Ini juga yang disampaikan walikota sebagai ketua gugus tugas. Memang tidak gampang menolak pelanggan," katanya.

"Jadi sadar diri apabila memang sudah penuh, yang datang ditolak. Harus menyesuaikan. Kalau tidak menjaga 50% bisa menjadi pelanggaran dan sanksinya bisa sampai pada pembubaran," ujarnya.

Namun sementara ini Satpol PP masih mengambil tindakan persuasif. Pemilik usaha akan di ingatkan untuk mentaati protokol kesehatan. "Kalau suatu saat kalau melanggar berulang kali bisa aja sampai pada penyegelan maupun penutupan," tandasnya.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved