Travel Tips

Jangan Biarkan Bayi Terlalu Lama di Car Seat, Ini Alasannya

Penelitian baru dari Bristol University menyarankan orangtua untuk tidak menempatkan bayi di car seat dalam waktu yang lama

HelloSehat
Ilustrasi Baby Car Seat 

Jangan Biarkan Bayi Terlalu Lama di Car Seat, Ini Alasannya

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, baiknya tidak berada di perjalanan panjang dengan car seat lebih dari satu jam.

Penelitian baru dari Bristol University menyarankan orangtua untuk tidak menempatkan bayi di car seat dalam waktu yang lama, karena berisiko membuat napas bayi sesak, BBC News melaporkan.

 Pasang Kasur di Mobil Saat Liburan Justru Membahayakan Anak, Ini Penjelasannya

 Wajib Dihindari 6 Kesalahan Memasak, Agar Sekeluarga Tak Keracunan Makanan

Para peneliti mengatakan, bahwa bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan, belum memiliki otot yang cukup kuat di leher untuk menyeimbangkan dan menahan kepala saat mobil bergerak.

Bila kondisi tersebut dikombinasikan dengan getaran dari mobil, sehingga kepala bayi bergerak ke depan atau ke belakang karena tidak tertopang dengan baik, bisa berisiko menyebabkan bayi mati lemas.

Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan simulator untuk menirukan bayi yang duduk di car seat menghadap ke belakang. Kemudian peneliti mengukur detak jantung bayi serta kadar oksigen dalam darah.

Peneliti menemukan bahwa setelah satu jam duduk di kursi, oksigen dalam darah bayi menjadi turun dan detak jantung mereka meningkat.

 Anak yang Rajin Sarapan, Lebih Cerdas Secara Akademis

 Ini Akibatnya jika Anak Tidak Sarapan Sebelum ke Sekolah

Hal tersebut menjadi tanda-tanda bayi tertekan dan mengalami kondisi tidak stabil.

Sementara produsen car seat mengatakan kalau bayi aman duduk di car seat selama 2 jam, para dokter di balik penelitian ini mengatakan, orangtua sebaiknya menempatkan bayi hanya untuk setengah jam dan menghindari perjalanan ekstra panjang.

Bila lebih dari 30 menit, peneliti menyarankan ada seseorang yang duduk di samping bayi untuk memantau napas dan kondisi bayi.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved