Tips dan Trik

5 Tingkat Kematangan Pisang, Setiap Tingkat Punya Manfaat Berbeda

Tingkat kematangan pisang ternyata juga memengaruhi manfaat yang dikandung. Berikut tingkat kematangan pisang dan manfaatnya.

KOMPAS
Tingkat kematangan pisang ternyata juga memengaruhi manfaat yang dikandung. Berikut tingkat kematangan pisang dan manfaatnya. 

5 Tingkat Kematangan Pisang, Setiap Tingkat Punya Manfaat Berbeda

TRIBUNKALTIM.CO - Tahukah Anda, tingkat kematangan pisang akan memberikan manfaat dan reaksi yang berbeda terhadap tubuh kita?

Misalnya, pisang yang tidak terlalu matang akan lebih baik jika dikonsumsi penderita diabetes dibandingkan pisang yang sudah matang.

Alasannya, kadar gula pada pisang yang belum terlalu matang, tidak terlalu tinggi. Lalu, bagaimana untuk pisang dengan tingkat kematangan yang lain?

Tingkat kematangan pisang ternyata juga memengaruhi manfaat yang dikandung. Berikut tingkat kematangan pisang dan manfaatnya.

Seorang warga Badui membawa pisang yang diambil dari kebunnya untuk dijual di pasar.
Seorang warga Badui membawa pisang yang diambil dari kebunnya untuk dijual di pasar. (Getty Image)


Hijau
Pisang hijau sudah dapat dikonsumsi. Pisang hijau memiliki tekstur keras, bertepung, dan tidak memiliki rasa khas pisang.

Pisang ini lebih banyak mengandung pati resisten. Ini ini adalah karbohidrat yang akan masuk ke usus i mana ia bertindak sebagai makanan prebiotik untuk pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan.

Bakteri usus bermanfaat ini memfermentasi pati dalam usus besar, menghasilkan asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek bermanfaat dapat berperan dalam pencegahan penyakit kronis termasuk kolitis dan penyakit Crohn.

Ulasan Juni 2018 di Nutrition Research menunjukkan pati resisten juga memiliki efek menurunkan total kolesterol dan kolesterol jahat LDL.

Pectin adalah jenis serat sehat lain yang ditemukan di pisang mentah. Kandungan ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi gula darah.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved