Travel Alert

Dinkes Balikpapan Kesulitan Awasi Protokol Kesehatan Covid-19 di Angkutan Umum

Menurut Kepala Dinkes Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, kesulitan ini terjadi akibat angkutan umum selalu bergerak mencari penumpang.

Tribun Kaltim
Kondisi angkutan umum di Kota Balikpapan belum lama ini. Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) mengakui kesulitan dalam mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan covid-19 

Dinkes Balikpapan Kesulitan Awasi Protokol Kesehatan Covid-19 di Angkutan Umum

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) mengakui kesulitan dalam mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan covid-19 di transportasi atau angkutan umum di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, kesulitan ini terjadi akibat angkutan umum selalu bergerak mencari penumpang.

Sehingga perlu ada pengawasan ketat ditempat atau titik angkutan umum berkumpul.

Sebenarnya saat ini, juga sudah ada transportasi umum yang mulai memperhatikan keselamatan dan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Diantaranya seperti transportasi online. Mereka sudah berupaya untuk mengatur jarak kursi atau tempat duduk.

Misalnya sekarang tak lagi duduk berdampingan dengan sopir melainkan di kursi tengah.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga harus pintar memilih angkutan umum khususnya yang menerapkan protocol kesehatan. Seperti misalnya dalam memilih angkutan kota

"Kalau naik angkot, angkot mana yang menerapkan protocol. Jadi sama-sama kita menjaga diri menerapkan kedisiplinan," sebutnya.

Meski begitu, saat ini pemerintah kota telah bekerjasama dengan pengelola sarana transportasi maupun organisasi angkutan darat (organda). Kerjasama ini terkait penerapan protokol kesehatan di angkutan umum.

Ilustrasi - Virus Corona atau covid-19. Salah satu staf Balaikota Samarinda yang terkonfirmasi positif pekan lalu saat ini dinyatakan meninggal dunia, Rabu (22/7/2020).
Ilustrasi - Virus Corona atau covid-19. Salah satu staf Balaikota Samarinda yang terkonfirmasi positif pekan lalu saat ini dinyatakan meninggal dunia, Rabu (22/7/2020). (Freepik.com)

Update Kasus Covid-19 Kalimantan Timur, Selasa, 21 Juli 2020:

- ODP Kalimantan Timur
1. 13.648 Orang
2. 13.158 Selesai Pemantauan
3. 488 Proses Pemantauan

- PDP Kalimantan Timur
1. 944 Orang
2. 4.510 Hasil Negatif
3. 964 Positif
4. 1.424 Menunggu Hasil Lab
5. 590 Sembuh
6. 19 meninggal dunia

- OTG Kalimantan Timur
1. 5.716 Orang

Sumber Data: Dinkes Kalimantan Timur 2020.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved