Tips dan Trik

Tanam Sayuran di Pekarangan Rumah, Menghemat Uang Belanja

Selain hemat, Anda bisa mengontrol kebersihan dan kehigienisan sayuran yang Anda konsumsi.

Kontan
Sayuran hidroponik 

Tanam Sayuran di Pekarangan Rumah, Menghemat Uang Belanja

TRIBUNKALTIM.CO - Terbatasnya akses dan pemasukan karena pandemi virus corona / Covid 19, mau tidak mau membuat banyak orang memutar otak untuk berhemat. Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan memangkas uang belanja. 

Memangkas pengeluaran belanja terutama bahan pangan cukup sulit untuk diterapkan. Tetapi Anda bisa mengakalinya dengan memanfaatkan beberapa sayuran yang bisa ditanam kembali. 

Selain hemat, Anda bisa mengontrol kebersihan dan kehigienisan sayuran yang Anda konsumsi. Beberapa sayuran berikut bisa Anda tanam ulang, yang bisa membantu menekan biaya belanja selama Covid-19

  • Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti jahe dan kunyit terkadang muncul tunas jika disimpan terlalu lama. Jika stok rempah-rempah Anda mulai muncul tunas, segera pindahkan ke pot atau tanah. Setelah dipindah ke media tanah/pot, siram secukupnya hingga tumbuh subur. Baik jahe maupun kunyit bisa Anda panen setelah 8 bulan. 

  • Kentang

Sama seperti rempah, kentang juga terkadang akan muncul tunas dengan sendirinya jika terlalu lama disimpan. Jika Anda melihat tunas-tunas kecil mulai bermunculan, tanam kentang tersebut di pot/tanah. Anda bisa menikmati kentang hasil menanam sendiri setelah 3-4 bulan.

  • Pokcoy

Jangan buang bagian bonggol pokcoy setelah Anda memasak sayuran ini. Siapkan wadah berisi air, lalu taruh bonggol pokcoy hingga terendam bagian bawahnya. Taruh di tempat teduh, dan ganti airnya jika mulai keruh. Jika sudah tumbuh akar cukup lebat, pindahkan pokcoy di pot/tanah.

  • Sereh 

Selain rempah-rempah, sereh menjadi bumbu utama yang tidak boleh habis. Untuk menanam ulang sereh, potong bonggol bawah sereh, lalu tempatkan di gelas berisikan air. Tunggu beberapa hari hingga sereh mulai muncul akar, lalu pindah ke media pot/tanah.

  • Wortel

Siapkan gelas plastik yg diisi air dan tusuk gigi. Potong sekitar 3cm bonggol atas wortel. Tusuk bonggol menggunakan tusuk gigi. Taruh bonggol di dalam gelas berisikan air. Ganti air jika air berubah keruh. Pindahkan wortel ke media pot jika akar sudah terlihat banyak dan lebat.

  • Bawang merah

Harga bawang di pasaran yang sangat fluktuatif, membuat perkiraan biaya belanja menjadi tidak menentu. Agar bisa menghemat pengeluaran belanja selama Covid-19, menanam bawang merah bisa sangat membantu. 

Taruh beberapa siung bawang merah di pot berisi tanah lembab. Taruh pot di tempat yang teduh dengan pencahayaan yang cukup. Selain bawang merah, Anda bisa juga menanam bawang putih dan bawang bombay.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved