Life Style

Anak Juga Bisa Mengalami Depresi, Jangan Lupa Ajak Mereka Liburan

Terlebih lagi, selama pandemi, anak-anak lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Tidak bertemu teman bermain atau teman sekolah.

HelloSehat
Gejala Stress Anak 

Anak Juga Bisa Mengalami Depresi, Jangan Lupa Ajak Mereka Liburan

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Menurut sebuah survei nasional yang dilakukan oleh situs kesehatan asal Amerika Serikat, WebMD, kebanyakan orangtua tidak menyadari munculnya tanda-tanda anak stres.

Terlebih lagi, selama pandemi, anak-anak lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Tidak bertemu teman bermain atau teman sekolah.

Ini bisa jadi disebabkan oleh suatu pemahaman keliru bahwa cuma orang dewasa yang bisa stres. Padahal, anak lima tahun sampai usia remaja juga mungkin diserang stres.

Penyebab anak stres tentu bermacam-macam.

Misalnya masalah dalam keluarga, tuntutan belajar dan bersaing di sekolah sangat tinggi, ada anggota keluarga yang sakit keras, atau tekanan sosial dari lingkungan pergaulannya.

Anak-anak dan remaja umumnya belum bisa memahami dan mengungkapkan apa yang mereka rasakan.

Mereka sendiri bahkan tidak sadar kalau yang dialaminya adalah stres. Oleh karenanya, sudah menjadi tugas Anda sebagai orangtua untuk membantu mengenali gejala-gejala stres pada anak dan remaja.

tantrum pada anak yang berbahaya

Perhatikan kalau akhir-akhir ini anak menunjukkan perubahan perilaku yang kurang baik. Apakah anak jadi mudah marah, tersinggung, mengeluh, membantah, atau menangis?

Anak dan remaja juga mungkin lebih sering berbohong dan menyalahi aturan di rumah. Contohnya keluyuran sampai malam atau menolak mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang jadi tanggung jawabnya.  

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved