Tips dan Trik

Cukup Pakai Sampo atau Sabun Cuci Piring, Agar Wiper Mobil Berfungsi Maksimal

Traveling dengan mobil pribadi, tentu akan melindungi Anda dari hujan atau sengatan matahari.

Otomotif.net
Wiper Mobil 

Cukup Pakai Sampo atau Sabun Cuci Piring, Agar Wiper Mobil Berfungsi Maksimal

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Indonesia hanya memiliki dua musim, yakni musim hujan dan musim panas. Traveling dengan mobil pribadi, tentu akan melindungi Anda dari hujan atau sengatan matahari.

Namun saat musim hujan, sering kali jarak pandang menurun. Karena itu, setiap mobil memiliki wiper, untuk menyapu hujan atau kotoran yang menempel pada kaca mobil.

Selain wiper, cairan wiper (wiper fluid) wajib Anda periksa seminggu sekali. Cairan wiper ini ditampung di washer fluid reservoir atau populer disebut tabung air wiper.

Tabung air wiper ini umumnya berwarna putih tembus pandang yang biasa ditaruh di pojok ruang mesin (kanan atau kiri) dan ditutupnya diberi simbol cipratan air.

Pastikan air wiper berada di antara tanda batas bawah (minimum) dan batas atas (maksimum). Jika air wiper berada di bawah tanda batas minimum, segera tambahkan air wiper.

Pada beberapa mobil, bila air wiper habis, maka akan muncul simbol washer fluid berwarna kuning muncul di instrumen dashboard.

Umumnya banyak pemilik mobil menggunakan air tanah atau air keran saja untuk mengisi tabung air wiper karena mudah didapatkan.

Namun, air tanah dalam jangka panjang berpotensi menimbulkan jamur di kaca depan jika tidak segera dibilas dan dilap.

wiper
wiper (net)

Saat mengisi ulang tabung air wiper, beberapa pemilik mobil memilih untuk mencampur air dengan sampo.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved