Hiburan

Indonesia Peringkat ke 17 Dunia, Pengguna Game Online Terbanyak, PUBG Mobile Kian Menjamur

Menurut data Newzoo pada 2019 silam, pengguna smartphone di Indonesia telah mencapai 82 juta lebih dan lebih dari 52 jutanya adalah pemain game mobile

istimewa
Menurut data Newzoo pada 2019 silam, pengguna smartphone di Indonesia telah mencapai 82 juta lebih dan lebih dari 52 jutanya adalah pemain game mobile. 

Indonesia Peringkat ke 17 Dunia, Pengguna Game Online Terbanyak, PUBG Mobile Kian Menjamur

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pesatnya perkembangan industri kreatif bidang e-sports di dunia, termasuk di Indonesia, dalam beberapa tahun ini mengalami tren yang positif dan terus menanjak.

Menurut data Newzoo pada 2019 silam, pengguna smartphone di Indonesia telah mencapai 82 juta lebih dan lebih dari 52 jutanya adalah pemain game mobile.

Hal tersebut menempatkan Indonesia di peringkat ke 17 dunia sebagai pengguna game mobile terbanyak dan menyumbang sebesar USD 624 juta atau setara Rp 8,7 triliun untuk mobile gaming sepanjang tahun 2019.

 

Industri ini telah banyak membuka lapangan pekerjaan baru di sektor kreatif yang berimbas keuntungan terhadap ekonomi yang tidak sedikit bagi Indonesia.

Salah satu contoh industri di bidang eSports tersebut adalah permainan Game Mobile, PUBG Mobile, game battle royale terpopuler di dunia dan juga di Indonesia, telah banyak melahirkan berbagai peluang karir di industri eSports.

Walaupun saat ini event-event offline eSport banyak yang dihentikan karena pandemi Corona ( covid-19 ), namun hal tersebut tidak menyurutkan aktivitas PUBG Mobile untuk tetap menggelar event-event online berskala dunia.

Seperti PUBG Mobile Pro League Season 1 dan yang terbaru, PUBG Mobile National Championship (PINC) 2020 Indonesia, yang digadang sebagai turnamen eSport nasional yang paling diminati tahun ini, tercatat lebih dari 51.000 peserta dari seluruh Indonesia telah mendaftar untuk mengikuti ajang PINC 2020 ini.

 

Dengan tren industri di bidang eSports, terutama PUBG Mobile, yang terus menanjak dan berkembang lalu ditambah animo yang besar dari para anak muda, membuat berbagai macam pihak berlomba-lomba untuk mengadakan kompetisi PUBG Mobile di Indonesia.

Misalnya saja, dalam waktu dekat ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan GGWP, akan mengadakan sebuah kompetisi PUBG Mobile bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 di bulan Agustus mendatang, dan menawarkan total prize pool hingga 1 Milyar Rupiah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved