Destinasi Wisata

Pantai Tanjung Jumlai di Kabupaten PPU yang Bikin Betah Pengunjungnya

Destinasi wisata ini bisa jadi alternatif menghabiskan waktu libur bareng keluarga atau teman

Editor: Geafry Necolsen
TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI
Suasana Pantai Tanjung Jumlai yang letaknya di Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kalimantan Timur. Pantai ini menawarkan panorama alam yang asri dan eksotik dengan hamparan pasir dan pepohonan kelapa yang menyejukkan mata. 

Pantai Tanjung Jumlai di Kabupaten PPU yang Bikin Betah Pengunjungnya

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pantai Tanjung Jumlai, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menawarkan suasana panorama alam yang asri dan eksotis.

Hamparan pasir dan pepohonan kelapa di bibir pantainya menyejukkan mata.  

Destinasi wisata ini bisa jadi alternatif menghabiskan waktu libur bareng keluarga atau teman, apalagi memiliki sejumlah spot-spot foto yang menarik sehingga bisa dipamerkan di media sosial pribadi.

Selain hal itu, PPU ternyata memliki segudang wisata yang tak kalah menarik.

Kabupaten yang memiliki semboyan Benua Taka ini memiliki banyak wisata bahari yang luar biasa, salah satunya adalah Pantai Tanjung Jumlai yang letaknya di Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kalimantan Timur.

Di kawasan Pantai Tanjung Jumlai juga dekat dengan lokasi Pantai Saloloang, Pantai Corong dan beberapa pantai lainnya.

Tak hanya pantai yang bisa dinikmati di sana, terdapat 2 mangrove juga tak kalah menarik, yakni Ekowisata Hutan Mangrove Kampung Baru dan Sesumpu Mangrove Resort.

Perjalanan dari Kecamatan Penajam sendiri hanya perlu menghabiskan waktu 20 menit saja untuk sampai ke pantai.

Sedangkan bagi warga seberang, yakni Balikpapan hanya memerlukan waktu 30 menit dengan menyeberangi sungai dengan kapal kelotok dari Balikpapan ke Penajam dengan bermodal Rp 10.000, sedangkan jika menggunakan motor menghabiskan biaya Rp 35.000.

Di perjalanan, pengunjung akan disuguhi panorama pohon kelapa yang menjulang tinggi di pinggir jalan arah menuju pesisir, melewati tambak ikan milik warga setempat.

Jika sudah sampai di Kelurahan Saloloang, pengunjung akan menemui rumah-rumah warga, jalanan menuju pesisir sangat bagus dan bersih.

Sesampai di Pantai Tanjung Jumlai, pengunjung akan disuguhkan panorama pantai yang indah dan menariknya di bibir pantai terdapat tumpukan batu yang fungsinya sebagai pelindung pantai agar tidak berkurang luas daratan serta potensi kerusakan infrastruktur pesisir pantai.

Menariknya, bebatuan tersebut menjadi spot fotografi yang cocok untuk menambah feed instagram. Apalagi kehadiran pepohonan kelapa yang menjulang tinggi menambah nilai fotografi.

Salah satu pengunjung bernama Esti mengaku suka dengan spot bebatuan yang ada di bibir pantai tersebut.

"Pantai ini bagus buat foto-foto, ada batu-batuannya rapi, bagus untuk diupload ke Instagram," ujar Esti, Minggu (5/7/2020). (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved