Destinasi Wisata

Taman Gubang Jadi Baru di Kukar, Bisa Arungi Danau dan Nikmati Kuliner Khas Kutai

Warga sekitar menyulap kawasan tersebut menjadi obyek wisata baru, di mana pelancong bisa mengarungi danau dengan perahu

Editor: Geafry Necolsen
Diskominfo Kukar
Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah berkesempatan mengunjungi langsung Taman Gubang di Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang, beberapa waktu lalu. Ia naik di atap perahu. 

Taman Gubang Jadi Baru di Kukar, Bisa Arungi Danau dan Nikmati Kuliner Khas Kutai

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Bagi yang punya hobi plesiran di tempat-tempat wisata, Taman Gubang di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim bisa menjadi pilihan. 

Taman Gubang menawarkan panorama danau, lebih tepatnya danau buatan, karena bekas kolam penggalian tambang batubara.

Warga sekitar menyulap kawasan tersebut menjadi obyek wisata baru, di mana pelancong bisa mengarungi danau dengan perahu, lalu bisa menyicipi aneka hidangan khas Kutai di sana.

Kabupaten Kukar memang menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sebut saja Pulau Kumala, Museum Mulawarman, Museum Kayu, Waduk Panji Sukarame hingga Planetarium di Tenggarong.

Tidak hanya di Tenggarong, Kecamatan lain di Kabupaten Kukar juga memiliki sejumlah potensi wisata, seperti wisata Pantai Tanah Merah di Kecamatan Samboja, maupun Pantai Pangempang, Kecamatan Muara Badak, serta lokasi wisata lainnya.

Kali ini, lokasi wisata baru yang dapat menjadi alternatif warga untuk sekedar berlibur atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat, yakni Taman Gubang.

Taman Gubang merupakan danau eks lubang tambang di Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang yang disulap oleh warga sekitar menjadi tempat wisata.

Perencanaan lubang eks tambang itu diubah menjadi lokasi wisata sudah dimulai sejak 2014 lalu. Namun, karena adanya sejumlah kendala, pada pertengahan Juni 2020 lalu Taman Gubang baru dapat dibuka untuk umum.

Cukup membayar Rp 5.000, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam di Taman Gubang.

Tidak hanya itu, pengelola juga menyediakan perahu untuk dapat digunakan oleh pengunjung mengarungi danau dan terdapat beragam kuliner khas Kutai yang juga dapat dinikmati.

"Ya, dibukanya danau ini untuk wisata bukan untuk kepentingan pribadi saya saja, tapi untuk warga desa, terutama kampung Kajang," ucap pengelola Taman Gubang, Ahmadi beberapa waktu lalu.

Dia berharap, Taman Gubang tidak hanya dikenal oleh warga Kukar saja, namun juga dapat dikenal oleh masyarakat luas.

"Masyarakat sekitar juga dapat berinovasi agar Taman Gubang ini semakin dikenal masyarakat luas," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kukar, Edi Damansyah mengapresiasi, apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Menurutnya, kehadiran Taman Gubang tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bahkan, kejelian masyarakat sekitar melihat adanya potensi wisata merupakan hal yang sangat diharapkan oleh pihaknya, pasalnya sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan Kabupaten Kukar.

"Ini yang diharapkan oleh pemerintah, bagaimana desa, RT hingga warga bersama-sama dapat melihat potensi yang ada di desanya, dan dikelola dengan baik," tutur Bupati.

"Mohon dukungan semua pihak agar semangat desa atau kelurahan membangun Kukar dapat terus berjalan," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved