Destinasi Wisata

Daftar Obyek Wisata Populer di Tenggarong, Kental dengan Wisata Sejarah dan Budaya

TribunKaltim.co memberikan daftar obyek wisata populer di Tenggarong yang wajib dikunjungi ketika berlibur menyambangi daerah ini.

Editor: Geafry Necolsen
Tribun Kaltim
Pura yang berlokasi di pulau Kumala ini menjadi spot foto bagi pada wisatawan yang datang ke pulau tersebut. TRIBUNKALTIM.CO /JINO PRAYUDI KARTONO 

Daftar Obyek Wisata Populer di Tenggarong, Kental dengan Wisata Sejarah dan Budaya

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Tenggarong menjadi salah satu daerah di Provinsi Kalimantan yang tak boleh dilewatkan saat liburan.

Tenggarong merupakan sebuah kota kecamatan sekaligus ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara yang memiliki pengaruh kesultanan yang besar.

Kota ini didirikan pada 28 September 1782 oleh Raja Kutai Kartanegara ke-15 yakni Aji Muhammad Muslihuddin atau yang dikenal dengan nama Aji Imbut yang kini dijadikan nama stadion yang ada di Tenggarong.

Kerajaan Kutai tercatat dalam sejarah sebagai kerajaan tertua di Indonesia.

Tenggarong juga dikenal sebagai kota raja-raja di Kalimantan Timur.

Tenggarong menyimpan keunikan dan memiliki beragam obyek wisata yang menarik.

Berikut ini TribunKaltim.co memberikan daftar obyek wisata populer di Tenggarong yang wajib dikunjungi ketika berlibur menyambangi daerah ini.

1.Kedaton Kutai Kartanegara atau Museum MulawarmanMuseum Mulawarman merupakan Istana Sultan Kutai peninggalan Kesultanan Kutai yang terletak di Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bangunan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ini didirikan pada 1963 sebagai pengganti Istana sebelumnya yang terbakar.

Pada 18 Februari 1976 Istana ini diserhterimkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sebagai museum negara.

Di museum ini para pengunjung dapat melihat beragam macam koleksi peninggalan Kesultanan Kutai.

Mulai dari tahta kerajaan tempat raja, patung, tempat tidur, perhiasan dan masih banyak lagi.

Museum Mulawarman tutup pada hari Jumat, sedangkan hari senin-kamis, sabtu dan minggu atau hari libur nasional tetap buka pada puku; 09.00 - 16.00 Wita.

2. Museum Kayu Tuah Himba

Miniatur rumah lamin dayak yang terdapat di Museum Kayu Tenggarong (TribunKaltim/M WIKAN H)
Miniatur rumah lamin dayak yang terdapat di Museum Kayu Tenggarong (TribunKaltim/M WIKAN H) (TribunKaltim/M WIKAN H)

Berkunjung ke Tenggarong anda bisa wisata edukasi dengan menyambangi museum-museum di Tenggarong yang bisa menambah pengetahuan.

Museum Kayu Tuah Himba contohnya yang berada di jalan Museum Kayu, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Berkunjung ke museum ini Anda bisa melihat kekayaan alam yang ada di Tenggarong seperti kayu-kayuan, biji-bijian, fauna khas Tenggarong yang diawetkan dan masih banyak lagi.

3. Ladang Budaya

Objek wisata Ladaya di Mangkurawang, Tenggarong dipadati sekitar 6.000 pengunjung per hari selama liburan. Ladaya menawarkan wisata alam dengan sejumlah wahana menarik
Objek wisata Ladaya di Mangkurawang, Tenggarong dipadati sekitar 6.000 pengunjung per hari selama liburan. Ladaya menawarkan wisata alam dengan sejumlah wahana menarik (TRIBUN KALTIM / RAHMAD TAUFIK)

Objek wisata Ladang Budaya (Ladaya) berada di Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved