New Normal

New Normal, Grand Tjokro Balikpapan Antar Breakfast ke Kamar Tamu

Salah satu hotel di kota Minyak yang tetap bertahan selama pandemi mewabah adalah Hotel Grand Tjokro.

istimewa
Salah satu hotel di kota Minyak yang tetap bertahan selama pandemi mewabah adalah Hotel Grand Tjokro. 

New Normal, Grand Tjokro Balikpapan Antar Breakfast ke Kamar Tamu

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Mewabahnya pandemi wabah virus Corona atau covid-19 membuat pelaku usaha perhotelan cukup terpukul. Pembatasan aktivitas di berbagai daerah membuat okupansi hunian anjlok.

Hotel-hotel jadi salah satu yang terdampak covid-19. Beragam upaya dilakukan bisnis perhotelan agar bisa tetap bertahan.

Nyaris empat bulan terakhir memang industri pariwisata dan hunian hotel harus tiarap akibat pandemi virus Corona.

Salah satu hotel di kota Minyak yang tetap bertahan selama pandemi mewabah adalah Hotel Grand Tjokro.

Hotel yang terletak tidak jauh dari Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan ini, memilih bertahan meski menghadapi masa sulit.

"Yang jelas okupansi tidak terlalu tinggi, pada intinya sanitasi, higenisasi, anjuran-anjuran pemerintah seperti pemakaian masker, physical distancing dan lainnya kita jalankan.

Untuk makan, tidak kami buffet kan, breakfast kita antar ke kamar," ujar General Manager Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Sutan Lubis, Kamis (25/6/2020).

Sutan menyebut ada strategi tersendiri yang dilakukan management Grand Tjokro tetap berdiri ditengah pandemi.

"Strateginya efisiensi, custumizing, seperti menjual room only saja, tanpa breakfast. Intinya survive. Bisa berjalan menutupi operasional dengan melakukan mitigasi finance," jelasnya.

Sutan menyebut, sejak dilakukan pelonggaran aktivitas ekonomi oleh Walikota Balikpapan awal Juni 2020 lalu, disambut sangat baik. Utamanya pelaku usaha sektor perhotelan dan restoran.

Ada kenaikan hunian kamar yang cukup signifikan, dibanding sebelumnya. Manajemen hotel pun, bersiap menunjukkan taringnya kembali.

"Cukup ada kenaikan okupansi dari pelonggaran aktivitas. Dari biasanya kita rata-rata 8 kamar, setelah pelonggaran ini ada kenaikan antara 13 hingga 14 kamar. Saat weekend bisa 20 hingga 21 kamar. Ada lonjakan," pungkasnya.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved