Travel Alert

Liburan ke Sangatta Kutai Timur, Bocah 13 Tahun Asal Mamasa Sulawesi Barat Positif Covid-19

Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi para traveler, agar lebih waspada saat akan bepergian ke tempat-tempat wisata.

Editor: Geafry Necolsen
Tribun Kaltim
Ilustrasi. Kampung Baru, Kota Balikpapan ini segera disterilkan karena dianggap sumber munculnya klaster baru virus corona di Kota Balikpapan. 

Liburan ke Sangatta Kutai Timur, Bocah 13 Tahun Asal Mamasa Sulawesi Barat Positif Covid-19

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Satu lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif Corona atau covid-19 di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi para traveler, agar lebih waspada saat akan bepergian ke tempat-tempat wisata.

Kali ini remaja usia 13 tahun yang terpapar virus Corona tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, dr Bahrani Hasanal membeberkan bahwa bocah 13 tahun tersebut berniat liburan ke Sangatta bersama keluarganya yang datang dari Mamasa Sulawesi Barat.

"Umurnya 13, katanya berlibur ke sini ( Sangatta ), dari Mamasa Sulawesi barat, keluarganya juga kami tracing, semua kita periksa keluarganya," ujar Bahrani kepada TribunKaltim.co pada Jumat (26/6/2020).

Baca Juga: 

Bupati Kutim, New Normal Bukan Berarti Bebas Tanpa Protokol Kesehatan

Setelah itu, pasien ingin kembali ke asal daerahnya dengan melalui kapal laut dan pasien diharuskan melakukan rapid test, akhirnya melakukan rapid test dengan hasil reaktif.

Kemudian setelah diketahui Rapid tets dengan hasil reaktif, pada 18 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan swab tahap 1 dengan hasil negatif, 22 Juni 2020 tahap 2 dengan hasil positif. Kemudian pada 25 Juni 2020 KTM46 dinyatakan positif covid-19.

Selain penambahan kasus positif, pada hari itu juga terdapat satu penambahan pasien sembuh yakni pasien berkode KTM45 yakni seorang laki-laki berisinial DN (38) merupakan manager PT Darma Henwa.

Kasus melakukan cuti pada 1 sampai 14 Juni 2020 di Sangatta, kembali ke Bengalon pada15 Juni 2020.

Kemudian 16 Juni 2020 ke Balikpapan untuk melakukan pemeriksaan swab untuk keperluan syarat keberangkatan keluar kota.

Hasil swab menunjukan positif covid-19 pada 18 Juni 2020 akhirnya pasien dirawat di RS Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Tak memerlukan waktu yang lama, hanya sepekan di rawat di RS Pertamina Balikpapan, pasien telah dinyatakan sembuh pada 25 Juni 2020.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved